Penulis Utama : Nastitie Cinintya Nurzihan
NIM / NIP : S531508034
×

ABSTRAK
Latar Belakang : Obesitas telah menjadi epidemi diseluruh dunia dan prevalensinya terus meningkat di semua kelompok usia. Beberapa studi yang meneliti hubungan antara indeks massa tubuh (IMT), lingkar pinggang dan lemak tubuh dengan komposisi makanan makronutrien menunjukkan bahwa komposisi makanan dapat berperan penting dalam kelebihan berat badan / obesitas. Seseorang dengan kegemukan mungkin juga berisiko tinggi mengalami kekurang zat besi serta menyebabkan kadar hemoglobin di dalam darah menurun dan juga protein dapat berperan dalam transportasi zat besi. Pada kalangan wanita usia subur, kejadian tersebut dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan.
Metode Penelitian : Jenis penelitian adalah survei analitik dengan rancangan cross sectional. Lokasi penelitian di UPT Pendidikan Jebres, Surakarta, Jawa Tengah. Populasi penelitian adalah seluruh guru sekolah dasar yang menenuhi kriteria tertentu. Besar sampel penelitian adalan 110 orang dan anggota populasi yang memenuhi kriteria tersebut diambil sampel penelitian dengan teknik probability sampling yakni simple random sampling. Kadar hemoglobin diukur menggunakan spektrophotometer dan data asupan karbohidrat, protein dan lemak diperoleh dengan food recall 2x24 jam dan FFQ semi kuantitatif. Pada penelitian ini selain dilakukan analisis univariat dan bivariat, dilakukan juga analisis jalur (path analysis) untuk mengetahui pola hubungan sebab akibat pada beberapa variabel yang diteliti.
Hasil : Pada penelitian ini diketahui bahwa subjek penelitian yang obesitas dengan IMT = 25 kg/m2 adalah 34.5% dan subjek penelitian yang obesitas disertai dengan anemia sebanyak 26.4%. Analisis bivariat menunjukkan asupan karbohidrat, protein dan lemak secara signifikan dan hubungan searah terkait dengan kejadian obesitas (p>0,05) untuk kadar hemoglobin signifikan terkait dengan kejadian obesitas dan memiliki hubungan berlawanan, semakin meningkatnya obesitas maka kadar hemoglobin menurun (r= -0,578). Pada analisis jalur diketahui bahwa asupan karbohidrat, protein dan lemak secara tidak langsung dapat mempengaruhi kadar hemoglobin melalui kejadian obesitas.
Kesimpulan : Terdapat hubungan asupan karbohidrat, protein dan lemak dengan kejadian obesitas, serta obesitas mempunyai hubungan yang berlawanan dengan kadar hemoglobin. Asupan karbohidrat, protein dan lemak secara tidak langsung mempengaruhi kadar hemoglobin melalui kejadian obesitas.
Kata Kunci : obesitas, asupan kabohidrat, asupan protein, asupan lemak, kadar hemoglobin, wanita usia subur

 

×
Penulis Utama : Nastitie Cinintya Nurzihan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S531508034
Tahun : 2017
Judul : Hubungan Asupan Karbohidrat, Protein dan Lemak dengan Kejadian Obesitas dan Kadar Hemoglobin pada Guru Wanita Usia Subur
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Ilmu Gizi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana, Prog. Studi Magister Ilmu Gizi- S531508034-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Hartono, dr., M.Si
2. Dr. Risya Cilmiaty A.R., drg., M.Si,Sp.KG
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.