Penulis Utama : Dewi Tirtawati
NIM / NIP : S021308017
×

ABSTRAK


Latar Belakang : Pendengaran merupakan salah satu indra yang penting bagi manusia, berfungsi sebagai alat komunikasi dan pendidikan. Kurang pendengaran pada anak mengakibatkan keterlambatan dan kesulitan perkembangan bahasa dan bicara. Gangguan pendengaran pada anak perlu dideteksi sedini mungkin mengingat pentingnya peranan fungsi pendengaran dalam proses perkembangan bicara. Anak yang mengalami keterlambatan bahasa bicara akibat gangguan pendengaran memiliki resiko mengalami kesulitan belajar, kesulitan membaca dan menulis dan akan menyebabkan pencapaian akademik yang kurang secara menyeluruh, hal ini dapat berlanjut sampai usia dewasa muda. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pola masuh orang tua dan dukungan keluarga dengan kemampuan bahasa pada anak gangguan pendengaran usia 5-6 tahun.
Subjek dan Metode : Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan rancangan dalam penelitian ini adalah cross sectional. Lokasi penelitian di Taman Observasi Anak Jala Puspa RSAL Dr. Ramelan Surabaya. Dengan sampel ibu yang memiliki anak usia 5-6 tahun dengan gangguan pendengaran sebanyak 40 orangtua dengan variabel dependen adalah kemampuan bahasa anak dan variabel independen pola asuh orangtua dan dukungan keluarga, dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi pustaka. Analisis data menggunakan regresi logistik.
Hasil : Terdapat hubungan positif yang secara statistik signifikan antara pola asuh  dengan  kemampuan  bahasa  pada  anak  (OR=  10.05;  CI=95%;  1.85 hingga 54.73; p = 0.008). Terdapat hubungan positif yang secara statistik signifikan antara dukungan keluarga dengan kemampuan bahasa pada anak (OR= 6.76; CI=95%; 1.36 hingga 33.51; p = 0.019).
Kesimpulan : pola asuh dan dukungan orangtua berhubungan positif dan
secara statistik signifikan dengan kemampuan bahasa anak dengan gangguan pendengaran usia 5-6 tahun.

Kata Kunci :   Pola Asuh, Dukungan Keluarga, Gangguan pendengaran, Kemampuan Bahasa

 

×
Penulis Utama : Dewi Tirtawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S021308017
Tahun : 2017
Judul : Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Dukungan Keluarga dengan Kemampuan Bahasa pada Anak Gangguan Pendengaran Usia 5-6 Tahun di Rsal Dr. Ramelan Surabaya
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana, Prog. Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat - S021308017-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd,
2. Dr. Rita Benya Adriani, SKp. M.Kes.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.