Penulis Utama : Brevi Istu Pambudi
NIM / NIP : S531408058
×

ABSTRAK


Latar Belakang: Osteoartritis (OA) merupakan satu dari sepuluh penyakit tersering penyebab disabilitas pada penderitanya di negara berkembang. Gejala fisik OA seperti nyeri dapat memiliki efek negatif terhadap kualitas hidup penderitanya baik dari aspek fisik, gejala, suasana hati, dan sosial. Penelitian tentang hubungan faktor individual seperti status gizi dan diet dengan kualitas hidup masing jarang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan indeks inflamasi diet dan indeks massa tubuh dengan kualitas hidup pasien lansia osteoartritis.
Metode: . Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan rancangan cross sectional. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah indeks inflamasi diet dan indeks massa tubuh, sedangkan variabel terikat adalah kualitas hidup. Subjek penelitian sebanyak 63 pasien osteoartritis yang menjalani rawat jalan di rumah sakit PKU muhammadiyah Yogyakarta. Analisis yang digunakan adalah regresi linear ganda.
Hasil  :  Pasien  lansia  OA  laki-laki  dan  perempuan  masing-masing  memiliki  rerata indeks inflamasi diet sebesar 0,2±1,3 dan 0,3±1,5. Rerata indeks massa tubuh pasien lansia OA baik laki-laki maupun perempuan sebesar 22,6±4,1 kg/m?2;. Rerata kualitas hidup pasien lansia OA baik laki-laki maupun perempuan sebesar 4,7±0,8. Ada hubungan positif dan bermakna antara indeks  inflamasi diet dengan indeks massa tubuh (r= 0,359 dan p= 0,004). Ada hubungan negatif dan bermakna antara indeks massa tubuh  dengan kualitas hidup (r= -0,484 dan p = 0,001). Ada hubungan bermakna antara Indeks inflamasi diet dan indeks massa tubuh dengan kualitas hidup pasien lansia osteoartritis (p= 0,001).
Simpulan: Terdapat hubungan bermakna antara indeks inflamasi diet dan indeks massa tubuh dengan kualitas hidup pasien lansia osteoartritis.

Kata Kunci: indeks inflamasi diet, indeks massa tubuh, kualitas hidup, osteoartritis

 

×
Penulis Utama : Brevi Istu Pambudi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S531408058
Tahun : 2017
Judul : Hubungan Indeks Inflamasi Diet dan Indeks Massa Tubuh dengan Kualitas Hidup Pasien Lanjut Usia Osteoartritis
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Ilmu Gizi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana, Prog. Studi Magister Ilmu Gizi - S531408058-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Zainal Arifin Adnan, dr., Sp.PD-KR-FINASIM,.
2. Dr. Adi Prayitno, drg., M.Kes.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.