Penulis Utama : Anyk Wienarsih
NIM / NIP : S041502002
×

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui bagaimanakah penggunaan media pembelajaran personal hygiene dan kedisiplinan anak tunadaksa sedang, (2) Mengembangkan media dongeng fabel dalam pembelajaran personal hygiene dan kedisiplinan anak tunadaksa sedang (3) Untuk mengetahui kelayakan media dongeng fabel dalam meningkatkan pemahaman anak tunadaksa sedang terhadap pembelajaran personal hygiene dan kedisiplinan.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) yaitu pada level 1 melalui tiga tahap yaitu tahap 1: tahap pendahuluan yaitu untuk mengetahui potensi dan masalah yang terjadi, tahap 2: tahap rancangan produk, yaitu membuat draf  media dongeng fabel, tahap 3: tahap pengembangan  produk,  yaitu validasi ahli dan  validasi calon pengguna untuk menilai  dan  memberi  saran  serta  komentar  untuk  menyempurnakan  media dongeng fabel.

Hasil  penelitian  mulai  dari  tahap  pendahuluan  sampai  tahap  pengembangan produk  diperoleh  bahwa:  (1)  Penggunaan  media  pembelajaran  dalam pembelajaran personal hygiene dan kedisiplinan masih sangat kurang, (2) Rancangan produk berupa desain buku dongeng fabel personal hygiene. (3) Validitas media dongeng fabel dalam pembelajaran personal hygiene dan kedisiplinan telah divalidasi ahli dengan hasil rata-rata 3,9 (baik) dan validasi calon  pengguna  dengan  hasil  rata-rata  sebesar  3,95  (sangat  baik).  Dari  hasil validasi para ahli dan validasi calon pengguna menunjukkan   bahwa media dongeng fabel dalam kriteria sangat baik dan layak digunakan.

Simpulan: penggunaan media pembelajaran masih sangat kurang, sehingga dikembangkan media dongeng fabel dengan harapan dapat meningkatkan pemahaman anak tunadaksa sedang dalam pembelajaran personal hygiene dan kedisiplinan.

Kata Kunci : Media dongeng fabel, Personal hygiene, Kedisiplinan, Anak tunadaksa sedang

 

×
Penulis Utama : Anyk Wienarsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S041502002
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan Media Dongeng Fabel dalam Pembelajaran Personal Hygiene dan Kedisiplinan Peserta Didik Tunadaksa Sedang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana, Prog. Studi Magister Pendidikan Luar Biasa - S041502002-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sunardi, M.Sc,
2. Prof. Drs. Gunarhadi, M.A., Ph.D,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.