Penulis Utama : Ardira Nozhikamaya
NIM / NIP : R0213010
×

ABSTRAK

Latar Belakang : Angka kecelakaan dan penyakit akibat kerja masih menjadi perhatian dunia. Ada beberapa kecelakaann kerja yang disebabkan oleh faktor manusia, salah satunya akibat kelelahan yang disebabkan oleh peningkatan waktu reaksi. Adanya kebisingan yang tinggi di tempat kerja dapat menyebabkan peningkatan waktu reaksi karena tenaga kerja tidak menggunakan ear plug. Untuk menurunkan waktu  reaksi  tersebut  dapat  melalui  pemberian  intervensi  berupa pemberian ear plug. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa Pemberian Alat Pelindung Telinga (ear plug) dapat Menurunkan Waktu Reaksi pada Operator di Bagian Loom PT. Kusumahadi Santosa Karanganyar.

Metode :  Penelitian  ini merupakan  penelitian  dengan  pra eksperimen  dengan pendekatan One Group Pretest Posttest, dengan sampel penelitian 32 operator wanita. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan mengukur waktu reaksi operator sebelum dan sesudah diberi intervensi dengan menggunakan Reaction Timer L77 Lakassidaya. Analisis data yang digunakan adalah uji statistik parametrik Paired Sample T-test untuk menguji adanya perbedaan antara waktu reaksi sebelum dan sesudah diberikan ear plug.

Hasil : Hasil uji statistik Paired Sample T-test menunjukkan hasil yang signifikan berupa penurunan rata-rata waktu reaksi sebelum diberikan ear plug sebesar 430,63 mili detik sedangkan rata-rata waktu reaksi setelah diberikan ear plug sebesar 291,06 mili detik dengan p-value = 0.000.

Simpulan : Ada perbedaan yang signifikan dari pemberian alat pelindung telinga (ear plug) terhadap penurunan waktu reaksi pada operator loom di PT. Kusumahadi Santosa Karanganyar.

Kata Kunci : Ear plug, Waktu Reaksi, Operator di Bagian Loom.

×
Penulis Utama : Ardira Nozhikamaya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0213010
Tahun : 2017
Judul : Pemberian Alat Pelindung Telinga (Ear Plug) untuk Menurunkan Waktu Reaksi pada Operator di Bagian Loom Pt. Kusumahadi Santosa Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2017
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Keselamatan Dan Kesehatan Kerja-R0213010-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Khotijah, S. KM., M. Kes.,
2. Ipop Sjarifah, Dra, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.