Penulis Utama : Citra Maha Ratna
NIM / NIP : F1315024
×

ABSTRAK

Kondisi perusahaan secara finansial dapat tercermin dalam laporan keuangan perusahaan. Namun, terdapat banyak celah dalam laporan keuangan yang dapat menjadi ruang bagi manajemen dan oknum tertentu untuk melakukan kecurangan (fraud) pada laporan keuangan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh variabel-variabel dari pengembangan fraud triangle yang diperkenalkan oleh Cressey (1953)  yakni financial target, financial stability, external pressure, nature of industry, effective monitoring, change in auditor, terhadap financial statement fraud yang diproksikan dengan F-score.

Sampel penelitian yang digunakan adalah sebanyak 72 perusahaan manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2015. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder, yang berupa laporan tahunan perusahaan yang listing di BEI selama periode 2013-2015. Pengujian hipotesis dilakukan dengan metode regresi logistik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel financial stability, external pressure, dan variabel nature of industry terbukti berpengaruh terhadap financial statement fraud. Penelitian ini tidak membuktikan bahwa variabel effective monitoring, dan variabel change in auditor berpengaruh terhadap financial statement fraud.

Kata Kunci: Financial Statement Fraud

 

×
Penulis Utama : Citra Maha Ratna
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1315024
Tahun : 2017
Judul : Pendeteksian Financial Statement Fraud di Indonesia (Studi pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : S-1 Akuntansi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis Akuntansi-F1315024-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. Djoko Suhardjanto, M.Com (Hons)., Ph.D., Ak.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.