Penulis Utama : Enis Fakhrunisya
NIM / NIP : K3212022
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk media pembelajaran berbasis video tutorial sebagai pengayaan pada mata pelajaran Lukis Modern bagi siswa kelas XI program keahlian Seni Lukis di SMK Negeri 9 Surakarta.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI program keahlian Seni Lukis SMK N 9 Surakarta tahun ajaran 2016/2017, yang berjumlah 33 siswa. Sumber data yang digunakan adalah; informan, tempat dan peristiwa, dokumen dan arsip. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah secara random dan sampel berstrata. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu ; wawancara, observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian menggunakan prosedur dalam penelitian pengembangan.

Hasil penelitian ini adalah produk media pembelajaran berbasis video tutorial pada mata pelajaran Lukis Modern bagi siswa kelas XI Seni Lukis SMK N 9 Surakarta. Produk tersebut berisikan materi Lukis dengan Media Asap meliputi: Pengenalan  Lukis dengan  Media  Asap,  Pengenalan  Alat  dan  Bahan beserta Efek-efeknya, Demonstrasi Lukis dengan Media Asap, serta contoh karya- karya seniman lukis asap. Hasil penelitian berupa media pembelajaran video tutorial  setelah  diterapkan  pada  mata  pelajaran Lukis  Modern  menunjukkan bahwa media video tutorial dapat diterima sebagai pengayaan media dan teknik lukis. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran video tutorial dapat menambah pengetahuan media dan teknik seni lukis siswa.

Kata kunci : media pembelajaran, video tutorial, lukis asap

×
Penulis Utama : Enis Fakhrunisya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3212022
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan Video Tutorial Seni Lukis dengan Media Asap pada Mata Pelajaran Lukis Modern di Kelas Xi Program Keahlian Seni Lukis Smk Negeri 9 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Pendidikan Bahasa Dan Seni-K3212022-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Slamet Supriyadi, M.Pd.,
2. Adam Wahida, S. Pd., M. Sn.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.