Penulis Utama : Asep Budi Yanto
NIM / NIP : I8214006
×

Abstrak

Simpang Tak Bersinyal Gentan Kabupaten Sukoharjo merupakan kawasan komersial dan permukiman sehingga memiliki lalu lintas yang komplit dan tingkat pertumbuhan lalu lintas yang cepat. Simpang ini disebut daerah komersial karena banyak terdapat pertokoan. Hal ini dipengaruhi dengan kurangnya fasilitas yang memadai seperti tidak adanya lampu syarat lalu lintas. Masalah lainnya adalah adanya warung yang menempati bahu jalan  yang menyebabkan keluar masuk kendaraan pembeli sangat banyak yang tentunya akan mengurangi kapasitas jalur tersebut. Masalah ini sangat terasa terutama pada jam-jam sibuk sehingga perlu dianalisis untuk kemudian dicari pemecahannya.
Cara  penelitian  yang  dilakukan  adalah  dengan  melakukan  survei  di  lapangan untuk mendapatkan data primer dan mengumpulkan data sekunder dari beberapa instansi yang kemudian diolah dengan acuan MKJI 1997.
Dari hasil perhitungan kinerja simpang tersebut pada kondisi eksisting memiliki DS = 0,88 (jam puncak pagi), DS = 0,86 (jam puncak siang), dan DS = 0,87 (jam puncak  sore)  ;  Kapasitas  simpang  =  2992,92  smp/jam  dan  Tundaan  =  14,9 det/smp. Dari hasil perhitungan pada kondisi eksisting, DS yang paling besar adalah pada saat jam puncak pagi, maka perbaikan yang dilakukan menggunakan data arus pada jam puncak pagi. Perbaikan yang dilakukan yaitu dengan pelebaran jalan pendekat Utara,Selatan dan Timur. Kinerja simpang setelah didesain ulang, menghasilkan DS 0,80.  Peluang antrian = 51,71 – 26,03% dan Tundaan = 13,30 det/smp. Biaya untuk pelebaran jalan sebesar Rp 291,970,000.00   engan waktu pelaksanaan selama 2 minggu tepatnya 13 hari.

Kata Kunci : MKJI 1997, Kinerja, DS, Traffic light

×
Penulis Utama : Asep Budi Yanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8214006
Tahun : 2017
Judul : Perfomance Evaluasi Kinerja Simpang Gentan Kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2017
Program Studi : D-3 Teknik Sipil Transportasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik Prog. DIII Teknik Sipil-I8214006-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Agus Sumarsono, M.T.
2. Ir. Endang Rismunarsi M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.