Penulis Utama : Girindra Anindita Putra Bayu Aji
NIM / NIP : K3210027
×

ABSTRAK

            Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Proses pembelajaran berkreasi seni kerajinan berbasis bahan kertas pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Boyolali tahun ajaran  2015/2016. (2) bentuk karya seni kerajinan berbasis bahan kertas yang dihasilkan siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Boyolali. (3) Minat siswa terhadap pembelajaran berkreasi seni kerajinan berbasis bahan kertas pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Boyolali.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah informan yaitu Drs. Jayadi, selaku guru seni rupa SMA Negeri 2 Boyolali dan siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Boyolali serta foto, hasil karya, dan dokumen arsip. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi langsung, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling atau sampel bertujuan. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi data dan informant review. Analisis data yang digunakan adalah model mengalir.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pembelajaran dilaksanakan selama empat kali pertemuan yang terdiri dari 2 X 45 menit setiap pertemuan, pertemuan pertama dimulai dengan proses pemberian materi dan pemberian contoh karya seni kerajinan bubur kertas, pertemuan kedua dilanjutkan praktek secara langsung yang diawali membuat pola sebagai bentuk dasar karya, kemudian pembuatan bubur kertas sebagai bahan dasar, selanjutnya membentuk bubur kertas sesuai pola yang dilanjutkan dengan proses pengeringan, kemudian pertemuan ketiga dilanjutkan dengan finishing yaitu proses pewarnaan. Guru menggunakan beberapa komponen pembelajaran dalam melaksanakan pembelajaran, antara lain: tujuan pembelajaran, media pembelajaran, model pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, evaluasi pembelajaran. (2) karya kerajinan dengan bahan bubur kertas yang dihasilkan adalah karya seni berbentuk tiga dimensi,  mayoritas siswa membentuk karya tersebut menjadi benda fungsional. Karya seni kerajinan dengan bahan bubur kertas tersusun dari garis lurus dan garis lengkung, garis geometri berupa lingkaran maupun garis non geometri berupa bidang organis, serta penyusunan warna dengan komposisi yang kontras. Tekstur yang terlihat adalah tekstur nyata kasar. (3) siswa memiliki minat yang tinggi terhadap materi pembelajaran pembuatan seni kerajinan dengan bahan bubur kertas, hal ini ditunjukan dari pengamatan secara langsung selama keseluruhan proses pembelajaran, jawaban hasil angket dan pengamatan hasil karya siswa, yang kemudian dipadukan dan diambil kesimpulan.

Kata kunci: Kerajinan, Kertas, Proses Pembelajaran.

×
Penulis Utama : Girindra Anindita Putra Bayu Aji
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3210027
Tahun : 2017
Judul : Proses Pembelajaran Berkrasi Seni Kerajinan Berbasis Bahan Kertas pada Mata Pelajaran Seni Budaya di Kelas Xi Ipa 1 Sma Negeri 2 Boyolali Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Pendidikan Seni Rupa-K3210027-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Margana, M.Sn.,
2. Endang Widiyastuti, S.Pd., M, Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.