Penulis Utama : Luhdyan Siwi
NIM / NIP : I8214026
×

Abstrak

Simpang Tak Bersinyal Jalan Raya Solo Mantingan - Jalan Bulu Purwosuman - Jalan Masaran Kabupaten Sragen merupakan kawasan komersial dan permukiman. Simpang ini disebut daerah yang memiliki tipe lingkungan jalan komersial karena banyak terdapat pertokoan, pabrik dan lingkungan sekolah. Simpang ini merupakan salah satu persimpangan yang sangat padat dan volume kendaraan saat jam puncak (peak hour) yang terus bertambah sehingga menyebabkan kapasitas, tundaan, derajat kejenuhan, panjang antrian sangat buruk. Masalah lainnya adalah adanya warung yang menempati bahu jalan yang menyebabkan keluar masuk kendaraan pembeli sangat banyak dan tentunya akan  mengurangi kapasitas jalur tersebut. Masalah ini sangat terasa terutama pada jam-jam  aktif kerja  sehingga  perlu  dianalisis  untuk  kemudian  dicari pemecahannya   serta   banyak   angkutan   umum   yang   suka   menaikan   dan menurunkan penumpang disekitar simpang tersebut.

Cara penelitian yang dilakukan adalah dengan melakukan survei di lapangan untuk mendapatkan data primer dan data sekunder dari beberapa instansi yang kemudian diolah dengan acuan MKJI 1997. Penelitian ini dilakukan di simpang tak bersinyal empat lengan (Jalan Raya Solo - Mantingan, Jalan Bulu - Purwosuman, Jalan Masaran). Survei dilakukan pada jam puncak (peak hour) yaitu pagi, siang dan sore.

Dari  hasil  perhitungan  kinerja  simpang  tersebut  pada  kondisi  eksisting
memiliki DS = 0,84 (jam puncak pagi), DS = 0,86 (jam puncak siang), dan DS = 0,89 (jam puncak sore) ; Kapasitas simpang = 2553,33 smp/jam dan Tundaan = 15,13 det/smp. Dari hasil perhitungan pada kondisi eksisting, DS yang paling besar adalah pada saat jam puncak sore, maka perbaikan yang dilakukan menggunakan data arus pada jam puncak sore. Perbaikan yang dilakukan yaitu dengan pelebaran jalan pendekat Selatan, Timur, dan Barat serta pemberian marka dan zebra cross. Kinerja simpang setelah didesain ulang,menghasilkan DS = 0,83; Panjang antrian = 55,01 – 27,78 % dan Tundaan = 13,64 det/smp. Biaya untuk pelebaran jalan tersebut sebesar Rp 476.170.000,- dengan waktu pelaksanaan selama 3 minggu tepatnya 15 hari.

Kata Kunci : MKJI 1997, Kinerja, Degree of Saturation

×
Penulis Utama : Luhdyan Siwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8214026
Tahun : 2017
Judul : Evaluasi Kinerja Simpang Empat tak Bersinyal Jalan Raya Solo Mantingan - Jalan Bulu Purwosuman - Jalan Masaran Kabupaten Sragen
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2017
Program Studi : D-3 Teknik Sipil Transportasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik Prog. DIII Teknik Sipil-I8214026-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Agus Sumarsono, M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.