Penulis Utama : Oki Rahayu Setiarini
NIM / NIP : F0313073
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan terhadap partisipasi transaksi di perbankan syariah. Literasi keuangan diproksikan dengan sikap keuangan, perilaku keuangan, dan pengetahuan keuangan syariah. Populasi dalam penelitian ini adalah pedagang di Pasar Klewer Surakarta dengan jumlah sampel sebanyak 101 orang pedagang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Metode pengolahan data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan aplikasi Statistical Package for Social Sciences (SPSS) versi 21.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel sikap keuangan tidak berpengaruh terhadap partisipasi transaksi pedagang di perbankan syariah. Sementara itu, variabel perilaku keuangan berpengaruh positif signifikan terhadap partisipasi transaksi pedagang di perbankan syariah, sedangkan variabel pengetahuan keuangan syariah berpengaruh negatif terhadap partisipasi transaksi pedagang di perbankan syariah.

Kata  kunci:  sikap  keuangan,  perilaku  keuangan,  pengetahuan  keuangan syariah, partisipasi

 

×
Penulis Utama : Oki Rahayu Setiarini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0313073
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Partisipasi Transaksi di Perbankan Syariah pada Pedagang Pasar Klewer Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FEB - 2017
Program Studi : S-1 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis, Prog. Studi Akuntansi - F0313073-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Hj. Falikhatun, SE.,M.Si.,AK
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.