Penulis Utama : Mufidah Nuruddiniyah
NIM / NIP : C1013035
×

ABSTRAK

Penelitian ini membahas: (1) Bagaimana struktur teks “Wardah al-Hani” (1908) karya Jubran Khalil Jubran berdasarkan teori struktural Syadzili Farhud wa Ashdiqa’uhu?; (2) Bagaimana kebebasan wanita dalam hal menentukan pasangan hidup yang terdapat pada teks “Wardah al-Hani” (1908) karya Jubran Khalil Jubran berdasarkan teori sosiologi sastra Rene Wellek dan Austin Warren?
Tujuan penelitian ini adalah (1) Menguraikan struktur yang terdapat pada teks “Wardah al-Hani” (1908) karya Jubran Khalil Jubran berdasarkan teori struktural Syadzili Farhud wa Ashdiqa’uhu, (2) Mendeskripsikan kebebasan wanita dalam hal menentukan pasangan hidup yang terdapat pada teks “Wardah al-Hani” (1908) karya Jubran Khalil Jubran berdasarkan teori sosiologi sastra Rene Wellek dan Austin Warren. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut: Pertama, diperoleh unsur-unsur struktur yang membangun teks “Wardah al-Hani” (1908) karya Jubran Khalil Jubran yaitu (1) al-Chikayah (cerita atau peristiwa), (2) a’sy-Syakhshiyyatu (penokohan), (3) al-Chabkah (alur), (4) a’z-Zaman wal-Makan (latar waktu dan tempat), dan (5) al-Fikrah (gagasan), yang menunjukkan adanya keterkaitan antara satu unsur dengan unsur lainnya. Kedua, diperoleh deskripsi kebebasan wanita dalam hal menentukan pasangan hidup berdasarkan dua kategori yaitu pikiran tokoh dan tindakan tokoh yang terdapat pada teks “Wardah al-Hani” (1908) karya Jubran Khalil Jubran, dengan memanfaatkan teori sosiologi sastra Rene Wellek dan Austin Warren.  

Kata Kunci: Kebebasan Wanita, Struktur Teks, Wardah al-Hani.

 

×
Penulis Utama : Mufidah Nuruddiniyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C1013035
Tahun : 2017
Judul : Kebebasan Wanita Pada Teks “Wardah Al-Hani” (1908) Dalam Antologi Cerpen “Al-Arwah Al-Mutamarridah” Karya Jubran Khalil Jubran (Kajian Sosiologi Sastra)
Edisi :
Imprint : su - FIB - 2017
Program Studi : S-1 Sastra Arab
Kolasi :
Sumber : UNS- F.Ilmu Budaya, Prog. Studi Sastra Arab- C1013035 -2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tri Yanti Nurul Hidayati, S.S., M.A
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.