Penulis Utama : Lintang Faturahman
NIM / NIP : D1514061
×


ABSTRAK

Perusahaan  Daerah Air  Minum Tirta Merapi  Kabupaten Klaten adalah instansi dibawah Pemerintah Daerah yang bergerak dibidang jasa pelayanan air minum, dalam melayani permohonan instalasi sambungan baru kepada calon pelanggan telah menerapkan sistem informasi manajemen terpadu (SIMPADU) sejak  tahun  2000.  Dengan  adanya  SIMPADU,  pelayanan  dapat  ditingkatkan dengan efektif dan efisien dalam hal waktu pelayanan, kemudahan akan melayani masyarakat, dan pelayanan publik yang lebih baik.
Tujuan pengamatan untuk mengetahui bagaimana sistem pelayanan instalasi  sambungan  baru  dengan  menggunakan  SIMPADU  di  PDAM  Tirta Merapi Kabupaten Klaten. Jenis pengamatan yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif. Dengan metode Observasi Berperan Aktif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi dan kajian dokumen dan arsip.
Hasil pengamatan menyimpulkan bahwa dalam menunjang pelyanan instalasi sambungan baru kepada calon pelanggan PDAM Tirta Merapi Kabupaten Klaten menggunakan Sistem Informasi Manajemen Terpadu (SIMPADU) yang lebih efektif dan efisien dalam melayani pelanggan. Komponen Sistem Informasi pada SIMPADU terdiri dari Sumber Daya Manusia, software, dan hardware yang saling berkaitan sesuai dengan Pedoman Pelayanan Instalasi Sambungan Baru di Lingkungan PDAM Tirta Merapi Kabupaten Klaten. Dalam menyelenggarakan pelayanan  menggunakan  pola  pelayanan  terpadu  satu  pintu  yang  terdiri  dari bagian Hubungan Pelanggan, Teknik Perencanaan, Distribusi, dan Keuangan. Tentunya dengan menggunakan SIMPADU, pelayanan instalasi sambungan baru lebih terstruktur, terorganisir dan tidak memakan waktu yang lama.


Kata  Kunci:  Sistem  Pelayanan,  Instalasi  Sambungan  Baru,  PDAM  Tirta
Merapi Kabupaten Klaten, SIMPADU

 

×
Penulis Utama : Lintang Faturahman
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1514061
Tahun : 2017
Judul : Sistem Pelayanan Instalasi Sambungan Baru dengan Menggunakan Sistem Informasi Manajemen Terpadu (Simpadu) di Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Merapi Kabupaten Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIPOL - 2017
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi Manajemen Administrasi - D1514061- 2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Suharto, SE, MM, BKP. C
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.