Penulis Utama : Imas Silotika
NIM / NIP : K4213042
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan tinjauan sosiologi sastra, nilai religi, serta relevansi cerita rakyat Kyai Karsoredjo Dukuh Pandanan sebagai alternatif materi ajar bahasa Jawa kelas VII di SMP. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif   kualitatif dengan pendekatan folklor, sosiologi sastra, dan nilai religi. Data dari penelitian ini adalah kronologi cerita rakyat Kyai Karsoredjo yang didapatkan dari beberapa sumber data seperti juru kunci, warga Dukuh Pandanan, guru bahasa Jawa, pakar sastra, dan siswa kelas VII di SMP. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumen. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber, teknik, waktu, dan teori. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis jaringan yang meliputi tiga komponen, yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan.
Simpulan penelitian ini adalah hasil tinjauan sosiologi sastra cerita rakyat Kyai Karsoredjo Dukuh Pandanan menunjukkan bahwa nilai sosial yang terkandung  di  dalam  cerita  seperti:  gotong  royong,  kerjasama,  dan  menolong tanpa pamrih. Nilai religi yang terkandung antara lain: puasa, sedekah dan ziarah. Selain itu, terbukti relevan sebagai materi ajar bahasa Jawa kelas VII SMP.

Kata kunci: sosiologi sastra, nilai religi, cerita rakyat, materi ajar.

 

×
Penulis Utama : Imas Silotika
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4213042
Tahun : 2017
Judul : Cerita Rakyat Kyai Karsoredjo Dukuh Pandanan: Tinjauan Sosiologi Sastra dan Nilai Religi Serta Relevansinya sebagai Materi Ajar di SMP
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS- FKIP, Prog. Studi Pendidikan Bahasa Jawa- K4213042-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rahmat S.S., M.A.,
2. Prof. Dr. Suyitno M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.