Penulis Utama : Prihatiningrum Ikha Anggraeni Pranyoto
NIM / NIP : K4213058
×

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan  untuk meningkatkan  kualitas proses pembelajaran menulis paragraf deskripsi ragam krama dan kualitas hasil keterampilan menulis paragraf   deskripsi   ragam   krama   peserta   didik  dengan   menerapkan   metode pemodelan  dan media  gambar  tematik  pada peserta  didik  kelas X IIS 2 SMA Negeri 3 Boyolali.

Bentuk   penelitian   ini   adalah   penelitian   tindakan   kelas   (PTK)   yang dilaksanakan   dalam   dua   siklus.   Tiap   siklus   terdiri   atas   4   tahapan,   yaitu perencanaan  tindakan,  pelaksanaan  tindakan,  observasi  dan  interpretasi,  serta analisis dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X IIS 2
SMA Negeri 3 Boyolali yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, wawancara, dan tes. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi metode dan triagulasi sumber data. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripif komparatif dan analisis kritis.

Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  dengan  penerapan  metode pembelajaran pemodelan dan media pembelajaran gambar tematik dapat meningkatkan    kualitas  proses  pembelajaran  menulis  paragraf  deskripsi  ragam krama dan kualitas hasil keterampilan  menulis paragraf deskripsi ragam krama pada peserta  didik  kelas  X IIS 2 SMA  Negeri  3 Boyolali.  Hal tersebut  dapat dibuktikan dengan   hasil pada saat pratindakan hingga siklus II. Pada saat pratindakan  rata-rata kualitas proses pembelajaran  hanya mendapatkan  nilai 71, lalu pada siklus  I mengalami  peningkatan  menjadi  75, dan pada saat siklus II meningkat lagi menjadi 80 atau sudah dalam kategori baik. Kualitas hasil keterampilan menulis paragraf deskripsi krama peserta didik juga mengalami peningkatan  serupa,  pada  saat  pratindakan    siswa  yang  mendapat  nilai  diatas KKM hanya sebesar 44,44%, lalu pada saat siklus I meningkat menjadi 77,78%, dan pada saat siklus II meningkat lagi menjadi 89%.


Kata  Kunci:  Motivasi,   Paragraf  Deskripsi,   Metode  Pemodelan   dan  Media
Gambar Tematik

 

×
Penulis Utama : Prihatiningrum Ikha Anggraeni Pranyoto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4213058
Tahun : 2017
Judul : Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Ragam Krama melalui Metode Pemodelan dan Media Gambar Tematik pada Siswa Kelas X IIS 2 SMA Negeri 3 Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS- FKIP, Prog. Studi Pendidikan Bahasa Jawa- K4213058-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Astiana Ajeng Rahadini, S.Pd. M.Pd.,
2. Dr. Sumarwati, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.