Penulis Utama : Lilis Wijayanti
NIM / NIP : K4213047
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) bentuk dan proses pembentukan afiksasi verba dalam cerita rakyat berbahasa Jawa Damarwulan karya DH Sunjaya; (2) relevansi bentuk afiksasi verba cerita rakyat berbahasa Jawa Damarwulan karya DH Sunjaya sebagai materi ajar bahasa Jawa pada siswa kelas IX SMP.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah data tulis berupa kata verba berafiks dan sumber data dalam penelitian ini adalah dokumen berupa buku cerita rakyat Damarwulan karya DH Sunjaya dan informan berupa ahli bahasa dan sastra, guru mata pelajaran bahasa Jawa, dan siswa kelas IX. Teknik pengambilan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan teknik analisis dokumen. Validitas data diperoleh dengan menggunakan triangulasi sumber dan teori. Teknik analisis data menggunakan analisis data interaktif meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Prosedur penelitian meliputi tahap persiapan penelitian, pelaksanaan penelitian, dan prosedur penyusunan laporan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan mengenai bentuk afiksasi verba yang digunakan dalam buku cerita rakyat Damarwulan karya DH Sunjaya berupa: (1) Ater-ater (awalan/prefiks) yang digunakan pengarang meliputi afiks bentuk {A(n)-},{A(m)-},{A(ny)-},{A(ng)-}, maA-, ka-, ke-,dan  di- (dipun-).
(2) Seselan (sisipan/infiks) yang digunakan adalah -um-, dan -in-. (3) Panambang (akhiran/sufiks) yang digunakan meliputi -i, -a, -en, -an, -na, -ana. (4) Imbuhan bebarengan (imbuhan gabungan) yang digunakan pengarang adalah ka- -an, A- -i. A- -a, A- -ake, di- -i, di- -ana, dan di- -ake. Analisis afiksasi verba dalam buku cerita rakyat Damarwulan karya DH Sunjaya ini relevan dengan materi ajar bahasa Jawa karena buku cerita rakyat tersebut mengandung kata berafiks yang bervariasi bentuk dan estetis dari segi kebahasaan sehingga dapat dijadikan contoh oleh siswa dalam menulis sebuah cerita. Selain itu, cerita tersebut sangat terkenal bagi masyarakat Jawa.

Kata kunci: verba, afiksasi, cerita rakyat, materi ajar.

 

×
Penulis Utama : Lilis Wijayanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4213047
Tahun : 2017
Judul : Analisis Afiksasi Verba pada Cerita Rakyat Damarwulan Karya DH Sunjaya Serta Relevansinya Sebagai Materi Ajar Bahasa Jawa Kelas IX SMP
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS- FKIP, Prog. Studi Pendidikan Bahasa Jawa- K4213047-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Kenfitria Diah Wijayanti, S.S, M.Hum.
2. Sri Hastuti, S.S., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.