Penulis Utama : Tri Nurhayati
NIM / NIP : K3213057
×

ABSTRAK

Tri Nurhayati. K3213057. PROSES PEMBELAJARAN BATIK TULIS PADA SISWA KELAS VII B MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) AL-ISLAM GONDANGREJO   SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Oktober 2017.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) proses pembelajaran batik tulis yang meliputi tujuan, materi, metode, media, sumber dan evaluasi pembelajaran oleh siswa kelas VII MTs Al-Islam Gondangrejo semester gasal tahun ajaran 2017/2018, (2) apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam proses pembelajaran batik tulis oleh siswa kelas VII MTs Al-Islam Gondangrejo semester gasal tahun ajaran 2017/2018.
Penelitian dilaksanakan di MTs Al-Islam Gondangrejo kelas VII B pada bulan Juli-September 2017. Bentuk penelitian adalah kualitatif. Sumber data diperoleh dari guru seni budaya, siswa, lingkungan sekolah, perangkat pembelajaran, dan daftar nilai siswa. Teknik pengumpulan data melalui wawancara,  pengamatan  atau observasi,  dan  analisis  arsip  atau dokumen. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan review informan. Teknik   analisis   data   menggunakan   flow   model   analysis   yang   meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, tujuan pembelajaran seni budaya dirumuskan berdasarkan silabus, dan tujuan tersebut dapat dicapai dengan baik oleh   siswa.   Materi   pembelajaran   disesuaikan   dengan   tujuan   yang   telah dirumuskan, materi pokok dapat tersampaikan semua dengan baik pada setiap pertemuan pelajaran. Metode pembelajaran yang diterapkan bervariasi, antara lain metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, metode demonstrasi, dan metode  penugasan.  Media  pembelajaran  yang  digunakan  bervariasi,  meliputi media visual,  media  audio  visual  dan  benda asli. Sumber pembelajaran  yang dipakai dari berbagai sumber, antara lain LKS, internet, lingkungan alam sekitar, dan benda-benda di sekitar siswa. Evaluasi pembelajaran dilakukan melalui tes
lisan  dan  tes  praktek. Kriteria penilaian batik  tulis  didasarkan  pada  kerapian,
kebersihan, kerumitan motif, kesesuaian tema, dan kreativitas. KKM mata pelajaran seni budaya yaitu 75. Nilai terendah yang diperoleh siswa yaitu 76 dan tertinggi yaitu 90. Seluruh siswa telah melebihi batas ketuntasan yang ditentukan. Faktor penghambat dalam pembelajaran batik tulis yaitu dari sarana dan prasarana sekolah. Sedangkan, faktor pendukung dalam pembelajaran batik tulis antara lain kompetensi guru yang baik, keaktifan siswa, dan alokasi waktu pelajaran yang cukup, sehingga, proses pembelajaran batik tulis dapat berjalan dengan baik.

Kata kunci: pembelajaran, batik, hasil pembelajaran

 

×
Penulis Utama : Tri Nurhayati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3213057
Tahun : 2017
Judul : Proses Pembelajaran Batik Tulis Pada Siswa Kelas Vii B Madrasah Tsanawiyah (Mts) Al-Islam Gondangrejo Semester Gasal Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Seni Rupa-K3213057-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Mulyanto, M.Pd
2. Lili Hartono, S. Sn, M. Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.