Penulis Utama : Dwi Dika Septiani
NIM / NIP : H1815013
×

Abstrak

Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-orang dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Dalam era globalisasi saat ini perkembangan organisasi harus diimbangi oleh kinerja yang baik, sehingga dapat tercipta dan tercapainya tujuan-tujuan yang ingin dicapai oleh organisasi. Salah satu persoalan penting dalam pengelolaan sumber daya dalam organisasi adalah penilaian kinerja. Penilaian kinerja dapat juga diartikan sebagai penentuan secara periodik efektivitas operasional suatu organisasi, bagian organisasi, dan personilnya, berdasarkan visi, misi, standar organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.
Metode dasar penelitian adalah deskriptif analitis. Penelitian ini dilakukan di KUD Cepogo Kabupaten Boyolali karena belum pernah dilakukan penelitian tentang penilaian kinerja dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard, serta terjadi persaingan antar penampung susu perah di Kabupaten Boyolali. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Analisis data yang digunakan adalah dengan metode Balanced Scorecard.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kinerja KUD Cepogo pada tahun 2016 diperoleh persentase sebesar 76,47% dengan kategori Very Good. Masalah-masalah yang mempengaruhi kinerja KUD Cepogo, yaitu: penjualan tidak cukup (tidak efisien) yang dikarenakan oleh perputaran modal kerja rendah, kurangnya partisipasi anggota dalam penyetoran susu ke KUD Cepogo, keterbatasannya modal usaha untuk menciptakan sebuah inovasi ataupun produk baru, terdapat competitor selain KUD Cepogo. Rencana strategi yang dapat diterapkan untuk perbaikan kinerja KUD Cepogo, yaitu mengurangi kewajiban lancar dengan menggunakan modal internal serta meningkatkan modal internal melalui simpanan anggota, meningkatkan volume pasokan susu dan meningkatkan penjualan produk yang ada di waserda seperti penjualan pakan ternak pollard, meningkatkan penjualan dan pendapatan jasa, menerapkan inovasi pada unit usaha yang sudah ada maupun penambahan pelayanan baru dan menjalankan kemitraan dengan lembaga perkoperasian lain, meningkatkan partisipasi anggota peternak sapi, mengadakan pelatihan pembuatan pakan konsentrat yang berkualitas kepada anggota, melakukan promosi maupun sosialisasi dengan anggota maupun calon anggota untuk menggunakan pelayanan KUD serta menerapkan sistem penghargaan (reward) kepada anggota yang aktif, menerapkan system reward and punishment pada karyawan, mengadakan pelatihan dan seminar motivasi secara berkala, menerapkan system absensi finger print (sidik jari).

×
Penulis Utama : Dwi Dika Septiani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H1815013
Tahun : 2017
Judul : Kinerja KUD Cepogo Kabupaten Boyolali (Studi Perspektif Balanced Scorecard)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2017
Program Studi : S-1 Agribisnis Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian Jur. Agribisnis-H1815013-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Mohamad Harisudin, M.Si.
2. Nuning Setyowati S.P., M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.