Penulis Utama : Yuliana Aisiyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1315097
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Intellectual Capital Disclosure terhadap Firm Value pada Perusahaan Manufaktur di Indonesia Tahun 2013-2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis Jur. Akuntansi-F1315097-2017
Subyek : INTELLECTUAL CAPITAL DISCLOSURE, FIRM VALUE, ELEMEN INTELLECTUAL CAPITAL
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intellectual capital disclosure dan elemen intellectual capital (human capital, structural capital, dan  relational capital) terhadap firm value pada perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2013-2015. Jumlah data observasi sebanyak 330. Intellectual capital disclosure dalam penelitian ini diukur dengan indeks Zingh dan Zahn (2008) terdiri dari 81 item pengungkapan dan Tobin’s Q dijadikan sebagai proxy pengukuran firm value. Pada penelitian ini juga digunakan variabel kontrol yaitu leverage, umur, growth, firm size.

Hasil pengujian mendukung hipotesis pertama bahwa intellectual capital disclosure berpengaruh positif terhadap firm value. Secara parsial pengaruh elemen intellectual capital (human capital) menunjukkan hubungan signifikan positif terhadap firm value, maka hasil pengujian mendukung hipotesis kedua. Dalam penelitian ini structural capital juga menunjukkan bahwa adanya pengaruh signifikan positif terhadap firm value. Hasil  pengujian tersebut mendukung hipotesis ketiga. Adapun relational capital dalam penelitian ini menunjukkan bahwa tidak adanya pengaruh terhadap firm value.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perusahaan yaitu sebagai bahan pertimbangan maupun masukan bagi manajemen perusahaan terkait dengan pengungkapan intellectual capital yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi investor dalam memutuskan untuk menanamkan modalnya di suatu perusahaan.

Kata Kunci : Intellectual Capital Disclosure, Firm Value, elemen Intellectual Capital

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
SURAT KETERANGAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Doddy Setiawan, S.E., M.Si., IMRI., Ph. D., Ak.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis