Penulis Utama : Nur Aini
NIM / NIP : K6413046
×

ABSTRAK

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran value clarification technique terhadap civic disposition siswa pada kompetensi dasar menghayati berbagai dampak dan bentuk ancaman terhadap negara dalam mempertahankan Bhinneka Tunggal Ika kelas XI di SMA Negeri 1 Teras Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Desain penelitian ini adalah true eksperimental design dengan model posttest only control design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Teras Boyolali tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 68 siswa yang terdiri dari 34 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 34 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan angket. Untuk ketepatan dan kesahihan angket civic disposition siswa pada kompetensi dasar menghayati berbagai dampak dan bentuk ancaman terhadap negara dalam mempertahankan Bhinneka Tunggal Ika digunakan uji validitas dan reliabilitas. Adapun untuk menghitung valid tidaknya butir soal digunakan rumus korelasi product moment yang dikemukakan oleh Pearson. Sedangkan reliabilitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis uji-t dua sampel yang independen.

Berdasarkan  hasil penelitian diperoleh skor rata-rata kelas eksperimen sebesar 86,03 lebih tinggi dibandingkan skor rata-rata kelas kontrol sebesar 80,76. Kemudian pengujian hipotesis dengan uji-t dua sampel yang independen diperoleh t hitung > t tabel yaitu 13,560 > 1,997 pada taraf  signifikan 5% artinya terdapat perbedaan civic disposition siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran value clarification technique  terhadap civic disposition siswa pada kompetensi dasar menghayati berbagai dampak dan bentuk ancaman terhadap negara dalam mempertahankan Bhinneka Tunggal Ika kelas XI SMA Negeri 1 Teras Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017.

Kata kunci : Value Clarification Technique, Civic Disposition.

×
Penulis Utama : Nur Aini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6413046
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Terhadap Civic Disposition Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Teras Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-K6413046-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Winarno, S.Pd, M.Si,
2. Muh. Hendri Nuryadi, S.Pd, M.Sc,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.