Penulis Utama : Rifqi Kurnia Rahman
NIM / NIP : K6412060
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui partisipasi Perkumpulan Masyarakat Surakarta (PMS) dalam mendukung integrasi sosial di Kota Surakarta; 2) Mengetahui kendala yang dihadapi oleh Perkumpulan Masyarakat Surakarta (PMS) dalam mendukung integrasi sosial di Kota Surakarta.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari informan, tempat, peristiwa dan dokumen. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Validitas data menggunakan trianggulasi data dan trianggulasi metode. Analisis data menggunakan model analisis interaktif.

Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Partisipasi Perkumpulan Masyarakat Surakarta (PMS) dalam mendukung integrasi sosial di Kota Surakarta sebagai berikut: a) Perubahan nama dan struktur organisasi sebagai awal proses integrasi sosial; b) Komunikasi dan Interaksi dalam kegiatan Perkumpulan Masyarakat Surakarta (PMS) sebagai dasar penguatan integrasi sosial. 2) Kendala yang dihadapi oleh Perkumpulan Masyarakat Surakarta (PMS) dalam mendukung integrasi sosial di Kota Surakarta sebagai berikut : a) Faktor internal: (1) Pengurus Perkumpulan Masyarakat Surakarta (PMS) memiliki kesibukan masing-masing sehingga tidak bisa sepenuhnya fokus pada kegiatan berorganisasi; (2) Kurang disiplinnya para anggota dalam mengikuti berbagai kegiatan yang mereka ikuti. b) Faktor eksternal: (1) Presepsi masyarakat yang masih menganggap Perkumpulan Masyarakat Surakarta (PMS) adalah suatu organisasi keturunan Tionghoa.

Kata kunci: Partisipasi, Perkumpulan Masyarakat Surakarta (PMS), Integrasi Sosial.

×
Penulis Utama : Rifqi Kurnia Rahman
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6412060
Tahun : 2017
Judul : Studi Partisipasi Perkumpulan Masyarakat Surakarta (Pms) dalam Mendukung Integrasi Sosial di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-K6412060-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Dewi Gunawati, SH, M.Hum.
2. Erna Yuliandari, S.H., M.A.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.