Penulis Utama : Riska Aprilia
NIM / NIP : H0413039
×

RINGKASAN

Pembangunan pertanian di Indonesia saat ini memiliki peranan yang sangat penting untuk memperbaiki mutu hidup dan kesejahteraan manusia terutama petani. Keberhasilan pembangunan pertanian antara lain ditentukan oleh kemampuan sumber daya manusia dalam mengelola sistem pertanian yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penyuluhan pertanian berperan penting bagi pembangunan pertanian, sebab penyuluhan  merupakan salah satu upaya pemberdayaan petani dan pelaku usaha pertanian lain untuk meningkatkan produktivitas, pendapatan dan kesejahteraannya. Pembangunan pertanian tidak bisa hanya didukung oleh penyuluhan saja tetapi juga dengan teknologi baru. Penerapan teknologi baru di bidang pertanian bertujuan untuk memudahkan kegiatan serta meningkatkan hasil pertanian sehingga perlu lebih banyak dilakukan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat khususnya petani.

Peneltian ini bertujuan untuk mengkaji peran penyuluh di Kecamatan Kebakkramat, mengkaji tingkat adopsi inovasi inovasi teknologi rice transplanter, dan menganalisis hubungan antara persepsi petani terhadap peran Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dengan tingkat adopsi inovasi rice transplanter di Kecamatan Kebakkramat. Metode dasar penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik survei. Lokasi penelitian ditentukan secara purposive yaitu di Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar. Pengambilan sampel dilakukan dengan quota sampling dengan jumlah 60 responden yang tersebar di tiga desa yaitu Desa Waru, Desa Pulosari, dan Desa Nangsri, hal ini dilakukan karena di tiga desa ini sudah menerapkan rice transplanter. Pengambilan responden atau pemilihan individu sebagai sampel dari setiap kuota dilakukan secara simple  random  sampling.  Hal  ini  didasari  atas  kriteria  responden yang  sudah  mengikuti penyuluhan   atau   pelatihan   tentang   penggunaan   mesin  rice   transplanter.   Analisis   data menggunakan rumus lebar interval dan metode analisis korelasi rank spearman (rs).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi petani terhadap peran penyuluh sebagai Edukator (X1), Motivator (X2), Diseminator (X3), Supervisor (X4), dan Fasilitator (X5) dalam kategori sedang atau dapat dikatan cukup baik. Terdapat hubungan yang signifikan antara peran penyuluh  sebagai  Motivator (X2) dengan  tingkat  adopsi  inovasi  rice transplanter  pada taraf kepercayaan sebesar 95% dan terpadat hubungan yang sangat signifikan antara peran penyuluh sebagai Diseminator pada taraf kepercayaan sebesar 99% (X3). Sedangkan untuk peran penyuluh sebagai Edukator (X1), Supervisor (X4), dan Fasilitator (X5) tidak memiliki hubungan  yang signifikan dengan tingkat adopsi inovasi rice transplanter.

×
Penulis Utama : Riska Aprilia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0413039
Tahun : 2017
Judul : Hubungan Persepsi Petani Terhadap Peran Penyuluh Pertanian Lapangan (Ppl) dengan Tingkat Adopsi Inovasi Rice Transplanter di Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2017
Program Studi : S-1 Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian-F1315062-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Eny Lestari, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.