Penulis Utama : Shanti Kirana
NIM / NIP : S961308005
×

RINGKASAN

DM tipe 2 dan resistensi insulin telah terbukti berhubungan dengan disfungsi endotel yang berperan dalam patogenesis dan manifestasi klinis aterosklerosis. Hiperglikemia menyebabkan terjadinya autooksidasi glukosa sehingga terbentuk radikal bebas (stress oksidatif), peningkatan glikasi protein, dan peningkatan jalur poliol yang menurunkan antioksidan endogen. ICAM-1 merupakan petanda inflamasi yang merupakan molekul adhesi yang diaktifasi oleh sitokin pro-inflamasi yang diekspresikan oleh NFK?. Peningkatan non enzymatic glycated-LDL, penurunan pengambilan kembali oleh reseptor dan katabolisme LDL, serta perubahan sistem koagulasi terjadi pada Diabetes Melitus. N-aetilsistein merupakan senyawa mengandung tiol dengan efek antioksidan dan antiinflamasi. Efek antioksidan N-asetilsistein terjadi secara langsung melalui interaksi dengan ROS elektrofilik maupun sebagai prekusor glutation, dapat melindungi sel dari stres oksidatif. Penelitian ini bertujuan membuktikan dan membandingkan pengaruh terapi N-asetil sistein terhadap kadar ICAM-1 dan kadar Ox-LDL pasien DM tipe 2.

Penelitian ini dengan desain eksperimental, metode randomized controlled trial ,40 subyek pasien DM tipe 2 poliklinik endokrin terbagi menjadi 2 yaitu kelompok kontrol (terapi standar + plasebo) dan kelompok perlakuan (terapi standar + n-asetilsistein) selama 4 minggu. Data disajikan dalam bentuk mean ± SD dianalisis menggunakan  SPSS 22 for windows, nilai p <0>Mann Whitney antara variable delta-ICAM-1 pada kelompok placebo dan kelompok n-asetilsistein (-56,9 ± 223,11)ng/mL dan (97,55 ± 68,49)ng/mL hasil perbedaan signifikan (p = 0,001). Hasil perhitungan beda 2 mean untuk variabel delta-oxldl pada kelompok placebo dan kelompok n-asetilsistein (-111,30 ± 237,73)pg/ml dan (524,45 ± 273,62)pg/ml hasil perbedaan signifikan (p = 0,001). Pemberian terapi N-asetilsistein pada pasien DM tipe 2 secara bermakna dapat menurunkan kadar ICAM-1 dan kadar Ox-LDL.

×
Penulis Utama : Shanti Kirana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S961308005
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Terapi N-Asetilsistein Terhadap Kadar Inter Cellular Adhesion Molecule-1 (Icam-1) dan Oxidized Low Density Lipoprotein (Ox-Ldl) pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2017
Program Studi : PPDS Ilmu Penyakit Dalam
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Pendidikan Dokter Spesialis-F1315062-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sumardi, MM,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.