Penulis Utama : Anyar Setya Rahayu
NIM / NIP : K4413010
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hubungan antara pemanfaatan media pembelajaran dengan prestasi belajar sejarah; (2) Hubungan antara kreativitas guru dalam mengajar dengan prestasi belajar sejarah; (3) Hubungan antara pemanfaatan media pembelajaran dan kreativitas guru dalam mengajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar sejarah.
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI SMA Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif ex post facto. Desain penelitian yang digunakan adalah correlation research (penelitian korelasi). Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportionate stratified random samplingsebanyak 40 siswa secara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk variabel pemanfaatan media pembelajaran dan kreativitas guru dalam mengajar sedangkan variabel prestasi belajar sejarah menggunakan tes. Uji validitas instrumen penelitian menggunakan korelasi Product Moment, dan uji reliabilitas menggunakan Alpha. Uji prasarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji linieritas. Uji hipotesis terdiri dari analisis regresi linier berganda, uji t dan uji F.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpukan: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan media pembelajaran dengan prestasi belajar sejarah siswa dengan t_hitung (3,330) >t_tabel (1,697) dengan nilai signifikansi 0,002 < 0>t_tabel (1,697) dengan nilai signifikansi 0,002 < 0>F_tabel (3,252) dan R^2 sebesar 0,517 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0>Variabel pemanfaatan media pembelajaran memberikan sumbang efektif sebesar 25,850%, sedangkan variabel kreativitas guru dalam mengajar memberikan sumbang efektif sebesar 25,850% sehingga total sumbang efektif adalah sebesar 51,7%. Berdasarkan hasil sumbang relatif variabel pemanfaatan media pembelajaran memberikan sumbangan atau konstribusi sebesar 50% dengan prestasi belajar sejarah sedangkan sumbang relatif variabel kreativitas guru dalam mengajar memberikan sumbangan atau konstribusi sebesar 50% dengan prestasi belajar sejarah.

Kata Kunci : Pemanfaatan Media Pembelajaran, Kreativitas Guru dalam Mengajar, Prestasi Belajar Sejarah

×
Penulis Utama : Anyar Setya Rahayu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4413010
Tahun : 2017
Judul : Hubungan Antara Pemanfaatan Media Pembelajaran dan Kreativitas Guru dalam Mengajar dengan Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI SMA Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Sejarah-K4413010-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Herimanto, M.Pd., M.Si.
2. Dr. Leo Agung S, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.