Penulis Utama : Ratna Dewi Permatasari
NIM / NIP : S021508048
×

ABSTRAK

Latar Belakang: Penurunan angka pencapaian peserta KB aktif IUD di Kabupaten Jombang dalam 2 tahun terakhir mejadi perhatian khusus Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang. Belum optimalnya pelayanan KB IUD di Kabupaten Jombang, tingginya angka drop out, tingginya Unmet need, dan sistem pencatatan dan pelaporan KB yang kurang sistematis di Kabupaten Jombang menjadi penyebab rendahnya pencapaian KB aktif IUD di Kabupaten Jombang. Penelitian ini bertujuanmenganalisis pengaruh faktor sosio demografi dan kepemimpinan demokratis terhadap kinerja bidan desa dalam pelayanan KB IUD di Kabupaten Jombang.
Subjek dan Metode:Penelitian ini menggunakan studi analitik observasional, dengan pen¬de¬ka-tan¬cross sectional dan analisis jalur.Lo¬ka¬si penelitian di 12 Puskesmas wilayah kerja Kabupaten Jombang.Waktu penelitian pada bulan Maret-Mei 2017.Besar sampel sebesar120 subjek, dipilih dengan teknik simple random sampling.Variabel dependen adalah kinerja bidan. Variabel independen antara lain pengetahuan, tingkat pendidikan, efikasi diri, kompensasi/ imbalan, kepemimpinan demokratis, motivasi kerja. Variabel dependen dan independen diukur menggunakan kuesioner. Teknik analisis data kuantitatif menggunakananalisis jalur untuk menganalisis pengaruh antara variabel dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh langsung maupun tidak langsung antara variabel dependen dan independen.
Hasil: Kinerja bidan dipengaruhi oleh tingkat pendidikan (b= 5.19, SE= 0.53, p<0 xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed p=0.006), xss=removed SE=0.08, p=0.023), xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed>Kesimpulan: Kinerja bidan dalam pelayanan kontrasepsi IUD dipengaruhi secara langsung oleh tingkat pendidikan, motivasi kerja, pengetahuan, efikasi diri bidan dan kepemimpinan demokratis. Efikasi diri bidan secara tidak langsung mempengaruhi tingkat pendidikan, pengetahuan, kepemimpinan demokratis terhadap kinerja bidan desa. Motivasi kerja bidan secara tidak langsung mempengaruhi kompensasi/ imbalan, kepemimpinan demokratis, pengetahuan dan efikasi diri terhadap kinerja bidan desa.

Kata Kunci: faktor sosiodemografi, kepemimpinan demokratis, kinerja bidan, pelayanan KB IUD.

 

×
Penulis Utama : Ratna Dewi Permatasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S021508048
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Faktor Sosio Demografi an Kepemimpinan Demokratis terhadap Kinerja Bidan Desa dalam Pelayanan Kontrasepsi IUD (Intra Uterine Device) di Kabupaten Jombang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kolasi :
Sumber : UNS-PASCASARJANA, Prog. Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat - S021508048-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Uki Retno Budi Hastuti, dr., Sp.OG(K).
2. Prof. Dr. Didik Gunawan Tamtomo, dr., PAK., MM., M.Kes.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.