Penulis Utama : Atika Sugiyanto
NIM / NIP : H0713033
×

ABSTRAK
Wereng batang coklat (WBC) Nilaparvata lugens Stall., (Homoptera: Delphacidae) merupakan salah satu hama penting pada pertanaman padi. Serangan WBC yang parah dapat menyebabkan gagal panen. Salah satu cara yang digunakan untuk mengatasi permasalahan WBC adalah penanaman varietas tahan wereng. Penggunaan varietas tahan secara perlahan menggantikan  keberadaan padi lokal yang diketahui memiliki ketahanan alami terhadap hama dan penyakit sehingga semakin banyak varietas lokal yang hilang.   Ketahanan beberapa varietas padi lokal terhadap WBC belum diketahui secara pasti. Ketahanan tanaman padi dapat ditingkatkan dengan penambahan unsur tertentu seperti silika. Silika diketahui dapat meningkatkan kekuatan dan kekerasan batang tanaman sehingga hama dengan tipe alat mulut pencucuk penghisap seperti WBC lebih sulit untuk menusukkan stilet dan menghisap nutrisi dari batang tanaman padi. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk menguji pengaruh silika terhadap populasi WBC pada pertanaman padi .
Penelitian dilakukan dengan uji lapang di Desa Karanglo, Polanharjo, Klaten selama 5 bulan. Varietas yang ditanam adalah Inpari 13, Beras Merah, Mentik Wangi, Beras Hitam, Raja Pusur dan Rojolele dengan perlakuan jerami, pupuk silika dan kontrol. Pengambilan sampel sebanyak 30 rumpun dengan menggunakan pola X per petak. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan cara menghitung rata-rata populasi WBC dan Uji T independen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pupuk silika mampu meningkatkan ketahanan tanaman padi terhadap serangan WBC. Populasi WBC paling sedikit ditemui pada petak perlakuan pupuk silika. Populasi WBC paling banyak ditemukan pada varietas Mentik Wangi sedangkan paling sedikit ditemui pada varietas Beras Hitam.
Kata Kunci : Nilaparvata lugens Stall, Wereng batang coklat

 

×
Penulis Utama : Atika Sugiyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0713033
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Pemberian Silika pada Padi Lokal terhadap Populasi Wereng Batang Coklat
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2017
Program Studi : S-1 Agroekoteknologi
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Pertanian, Prog. Studi Agroteknologi - H0713033-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Supriyadi, M.S.
2. Prof. Dr. Ir. Sholahuddin, M.S
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.