Penulis Utama : Elya Fitriyana
NIM / NIP : H0413013
×

ABSTRAK

Pekerjaan petani diusahakan di sawah, tegalan, ladang, dan kebun yang biasanya menjadi mata pencaharian penduduk desa. Tenaga kerja pekerjaan petani saat ini kebanyakan dikelola oleh petani yang berumur tua. Sedangkan generasi muda kurang berminat melanjutkan usahatani orang tua mereka. Pemuda lebih memilih mengadu nasib ke kota karena pertanian kurang menjanjikan peningkatan ekonomi, dan lahan pertanian yang semakin berkurang. Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo adalah salah satu mempunyai lahan pertanian dari tahun ke tahun semakin menyempit yang diakibatkkan oleh kegiatan alih fungsi lahan dan menurunnya RTP (Rumah Tangga Usaha Pertanian) pada tahun 2003  – 2013 sebesar 43,28%. Hal tersebut menyebabkan pandangan pemuda tentang pertanian semakin terbatas dan menjadi sulit bagi mereka menekuninya jika tetap bertahan di pertanian. Penelitian ini bertujuan mengkaji  persepsi pemuda  tani terhadap pekerjaan petani mengkaji faktor pembentuk persepsi, dan mengkaji hubungan faktor  pembentuk  persepsi  dengan  persepsi  pemuda  tani  terhadap  pekerjaan petani.
Metode dasar  yang digunakan  adalah deskriptif  analisis  dengan  teknik survei. Lokasi penelitian ditentukan secara purposive yaitu Kecamatan Purworejo Kabupaten  Purworejo.  Sampel  ditentukan  dengan  teknik  multistage  cluster random sampling, sebanyak 60 pemuda tani yang tersebar di tiga desa yaitu Desa Pacekelan, Desa Ganggeng, dan Desa Paduroso. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis data menggunakan kelas kategori untuk mengetahui persepsi pemuda tani terhadap pekerjaan sebagai petani dan Rank Spearman  (rs) untuk  mengetahui  hubungan  faktor-faktor  pemebentuk  persepsi dengan persepsi pemuda tani terhadap pekerjaan sebagai petani.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi pemuda tani terhadap pekerjaan petani yaitu 66,67% pemuda responden memiliki persepsi cukup baik terhadap pekerjaan petani. Faktor-faktor pembentuk persepsi pemuda tani di Kecamatan Purworejo yaitu pendidikan formal mayoritas dalam kategori tinggi, lingkungan keluarga mayoritas dalam kategori sedang, sosial budaya mayoritas dalam kategori rendah, sedangkan pendidikan non formal, lingkungan sosial primer, lingkungan sosial sekunder, dan kosmopolitan mayoritas dalam kategori sangat rendah. Terdapat hubungan yang sangat signifikan antara lingkungan keluarga dan sosial budaya dengan persepsi pemuda terhadap pekerjaan petani pada taraf kepercayaan 99%, pada taraf 95% terdapat hubungan yang signifikan antara keterlibatan kerja dan lingkungan sosial primer dengan persepsi pemuda terhadap pekerjaan petani, sedangkan pendidikan formal, pendidikan non-formal, lingkungan sosial sekunder, dan kosmopolitan tidak terdapat hubungan yang signifikan dengan persepsi pemuda terhadap pekerjaan petani.
Kata Kunci : Persepsi Pemuda Tani, Petani

 

×
Penulis Utama : Elya Fitriyana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0413013
Tahun : 2017
Judul : Persepsi Pemuda Tani terhadap Pekerjaan sebagai Petani di Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2017
Program Studi : S-1 Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Pertanian, Prog. Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian - H0413013-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Arip Wijianto SP. M.Si
2. Emi Widiyanti SP. M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.