Penulis Utama : Elyandi Bagus Pramono
NIM / NIP : H3114027
×

ABSTRAK

Perkembangan teknologi dalam kehidupan membuat manusia menginginkan pangan yang instan namun tetap sehat. Permen umumnya dikonsumsi oleh segala umur sebagai makanan ringan menemani berbagain aktivitas. Pada penelitian ini digunakan bahan pangan yang alami sebagai bahan untuk membuat permen jelly yang sehat dan alami. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara pembuatan permen jelly lidah buaya (aloe vera) dengan penambahan jahe yang ditinjau dari uji karakteristik sensori yang meliputi warna, rasa, tekstur, aroma, dan overall; karakteristik kima permen jelly lidah buaya (aloe vera) meliputi aktifitas antioksidan, kadar air, dan vitamin C; serta kelayakan usaha permen jelly lidah buaya (aloe vera) dengan penambahan jahe ditinjau dari analisis ekonomi.permen jelly lidah buaya (aloe vera) terbuat dari lidah buaya (aloe vera), gula, glukosa, jahe, gelatin, jeruk nipis, dan agar. Permen jelly lidah buaya (aloe vera) dibuat menjadi tiga formulasi yaitu formulasi pertama lidah buaya sebanyak
150 ml; gula 130 gr; dan gelatin 10 gr, formulasi kedua lidah buaya sebanyak 100 ml; gula 100 gr; dan gelatin 10 gr, formulasi ketiga lidah buaya sebanyak 200 ml; gula  120  gr;  dan  gelatin  16  gr.  Berdasarkan  hasil  uji  organoleptik  metode kesukaan diperoleh hasil yang tidak beda nyata antar formulasi. Berdasarkan analisis karakteristik kimia diperoleh aktivitas antioksidan 21%; vitamin C 599 mg/ 100 gr; dan kadar air 21%. Hasil analisis ekonomi permen jelly lidah buaya (aloe vera) dengan penambahan jahe diperoleh kapasitas produksi 2.250 kemasan/bulan   dengan   harga   pokok   Rp.   8.464,   harga   jual   sebesar   Rp.
10.000/kemasan maka diperoleh laba bersih Rp.  3.356.187/bulan. Break Even Point (BEP) sebesar 1.507 kemasan/bulan, Return of Investment (ROI) sebelum pajak 74%, Return of Investment (ROI) setelah pajak24%, Pay Out Time (POT)
19  bulan,  Benefit  Cost Ratio  (Net  B/C) sebesar 1,6  yang menyatakan  bahwa perusahaan ini layak untuk dikembangkan karena nilai B/C lebih dari 1.


Kata Kunci : Proses Produksi, Permen Jelly, Lidah buaya, Jahe, Antioksidan

 

×
Penulis Utama : Elyandi Bagus Pramono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H3114027
Tahun : 2017
Judul : Proses Produksi Permen Jelly Lidah Buaya (Aloe Vera) dengan Penambahan Jahe
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2017
Program Studi : D-3 Teknologi Hasil Pertanian
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Pertanian, Prog. DIII Teknologi Hasil Pertanian - H3114027-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Lia Umi Khasanah, S.T., M.P.
2. Lia Umi Khasanah, S.T., M.P.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.