Penulis Utama : Henny Purmasari
NIM / NIP : H3114040
×

ABSTRAK

Es krim merupakan salah satu jenis makanan berbentuk beku yang dibuat dengan cara membekukan campuran produk susu, gula, penstabil, pengemulsi dan bahan-bahan lainnya yang telah dipasteurisasi dan dihomogenisasi untuk memperoleh   hasil   yang   seragam.   Penstabil   alami   yang   digunakan   dalam pembuatan es krim adalah kulit pisang raja. Es krim kulit pisang raja merupakan inovasi produk olahan es krim dengan menambahkan ekstrak kulit pisang raja. Selain itu, es krim kulit pisang raja mengandung senyawa antioksidan. Praktek produksi ini bertujuan untuk memahami cara pembuatan es krim kulit pisang raja, mengetahui pengaruh penerimaan panelis terhadap karakteristik sensoris es krim kulit pisang raja, mengetahui kandungan antioksidan pada es krim kulit pisang raja serta mengetahui kelayakan usaha ditinjau dari analisis ekonomi, sehingga diperoleh harga jual dari produk tersebut.
Pada praktek produksi ini dilakukan pembuatan es krim dengan penambahan ekstrak kulit pisang raja dan es krim tanpa penambahan ekstrak kulit pisang raja sebagai kontrol. Kemudian dilakukan analisis sensoris untuk mengetahui tingkat penerimaan konsumen. Uji sensoris ini meliputi parameter warna, rasa, aroma, tekstur, dan overall es krim kulit pisang raja. Selain itu juga dilakukan uji aktivitas antioksidan dengan menggunakan metode DPPH. Hasil analisis sensoris es krim kulit pisang raja terpilih formulasi 4. Hasil analisis aktivitas antioksidannya, es krim kulit pisang raja memiliki aktivitas antioksidan sebesar 77,025%. Hasil analisis ekonomi, kapasitas produksi es krim kulit pisang raja   adalah   10.000   kemasan/bulan,   harga   pokok   penjualan   sebesar   Rp.
5.830/kemasan sehingga diperoleh laba bersih sebesar Rp. 4.888.535/bulan. Usaha akan mencapai titik impas pada tingkat produksi sebanyak 5.131 kemasan/bulan dengan harga Rp 4.891/kemasan dan akan mengalami pengembalian modal dalam waktu 12 bulan. ROI sebelum pajak sebesar 14,11% dan setelah pajak sebesar
6,87%. Sedangkan B/C es krim kulit pisang raja sebesar 1,1 jadi usaha ini layak untuk dilakukan karena nilai B/C lebih dari 1.

Kata kunci: Es Krim, Kulit Pisang Raja, Proses Produksi Es Krim Kulit Pisang Raja, Analisis Ekonomi, Analisis Kelayakan Usaha

 

×
Penulis Utama : Henny Purmasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H3114040
Tahun : 2017
Judul : Proses Produksi Es Krim Kulit Pisang Raja
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2017
Program Studi : D-3 Teknologi Hasil Pertanian
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Pertanian, Prog. DIII Teknologi Hasil Pertanian - H3114040-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Henny Purmasari H3114040
2. Dwi Ishartani S.TP., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.