Penulis Utama : Nurul Hidayah
NIM / NIP : H0813136
×


ABSTRAK

Alas Jamur di Kabupaten Sukoharjo adalah usaha yang membuat media tanam (baglog) jamur. Dalam menjalankan usaha, Alas Jamur memerlukan strategi bersaing usaha agar usaha yang dijalankan dapat berhasil dan bertahan ditengah arus persaingan yang ada. Strategi yang dirancang perlu memperhatikan kondisi internal dan eksternal usaha. Hal ini yang mendorong peneliti untuk mengkaji lebih dalam mengenai strategi bersaing yang dapat diterapkan dalam usaha baglog jamur di Alas Jamur.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui posisi bersaing usaha baglog Alas Jamur dibandingkan pesaing-pesaing utamanya, mengidentifikasi faktor  internal dan eksternal yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman bagi usaha Alas Jamur, merumuskan alternatif strategi yang dapat diterapkan untuk strategi bersaing usaha Alas Jamur, dan menentukan prioritas strategi bersaing .yang tepat untuk diterapkan Alas Jamur.
Metode dasar pada penelitian ini adalah metode deskriptif analitik dan menggunakan teknik studi kasus. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive (sengaja) yaitu di Alas Jamur. Penentuan informan kunci secara sengaja (purposive), yaitu pemilik dan karyawan Alas Jamur, konsumen Alas Jamur, pemasok bahan baku, pesaing, pegawai Dinas Pertanian Sukoharjo, pegawai BAPPEDA Sukoharjo. Metode analisis data menggunakan CPM  (Competitive Profile Matrix), Matriks IFE (Internal Factor Evaluation), EFE (Eksternal Factor Evaluation), SWOT pendekatan   kuantitatif,   SWOT   pendekatan   kualitatif   dan   QSPM   (Quantitative Strategic  Planning  Matrix).  Jenis  data  yang  digunakan  adalah  data  primer  dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi pencatatan, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa hasil analisis CPM menunjukkan  usaha  baglog  Alas  Jamur  atau  usaha  A  (3,050)  menempati  posisi pertama dibandingkan dengan pesaingnya yaitu usaha B (2,900), usaha C (3,000) dan usaha D (2,700). Skor IFE adalah 1,4468 dan skor EFE adalah 1,4214. yang menunjukkan posisi Alas Jamur berada di kuadran I pada Matriks SWOT kuantitatif. Alternatif strategi yang dapat diterapkan adalah melakukan promosi penjualan dan periklanan produk melalui media cetak maupun media elektronik disertai pelatihan SDM guna meningkatakan mutu SDM untuk memperlancar kegiatan promosi, mempertahankan dan meningkatkan kualitas baglog, dan produsen bekerja sama dengan pengusaha baglog lainnya untuk memenuhi permintaan pasar. Prioritas strategi dalam upaya bersaing yang dapat diterapkan oleh Alas Jamur adalah   Melakukan promosi  penjualan  dan    periklanan  produk  melalui  media  cetak  maupun  media

 


elektronik   disertai   pelatihan   SDM   guna   meningkatakan   mutu   SDM   untuk memperlancar kegiatan promosi.
Kata Kunci : Strategi Bersaing Usaha, Media Tanam (Baglog), Jamur,

 

×
Penulis Utama : Nurul Hidayah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0813136
Tahun : 2017
Judul : Strategi Bersaing Usaha Media Tanam (Baglog) Jamur (Studi Kasus di Alas Jamur Sukoharjo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2017
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Pertanian, Prog. Agribisnis - H0813136-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Mohd. Harisudin, M.Si.
2. Erlyna Wida Riptanti, SP., M.P.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.