Penulis Utama : Ridha Hayu Arsaningtyas
NIM / NIP : G0014199
×

Abstrak

Latar Belakang: Status gizi merupakan salah satu indikator kualitas sumber daya manusia (SDM). Sampai saat ini Indonesia masih menghadapi berbagai masalah gizi. Permasalahan gizi pada orang dewasa cenderung lebih dominan pada masalah kelebihan berat badan. Pada akseptor alat kontrasepsi, penggunaan alat kontrasepsi dapat disertai efek samping yang bisa mempengaruhi status gizinya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada perbedaan status gizi antara wanita akseptor alat kontrasepsi hormonal dan alat kontrasepsi non-hormonal yang berkunjung di Puskesmas Kartasura.

Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan jenis penelitian observasional analitik dengan pendekatan studi cross sectional. Penelitian dilakukan pada bulan September – Oktober 2017 di Puskesmas Kartasura dengan teknik quota sampling. Subjek penelitian berjumlah 60 orang, terdiri dari 30 orang akseptor alat kontrasepsi hormonal dan 30 orang alat kontrasepsi non-hormonal  yang sudah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Status gizi didapatkan dari hasil pengukuran indeks massa tubuh (IMT) dan persentase massa lemak tubuh. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner identitas dan informed consent, microtoise, serta bioelectrical impedance analysis (BIA). Uji normalitas data menggunakan uji Saphiro Wilk, perbedaan status gizi dengan uji-t independen.

Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan IMT pada kedua kelompok akseptor sebagian besar tergolong obesitas kelas I, dengan akseptor hormonal (46,7%) lebih banyak daripada akseptor non-hormonal (40,0%). Berdasarkan persentase massa lemak tubuh, kelebihan lemak pada akseptor non-hormonal (56,7%), sedangkan akseptor hormonal pada kategori sehat (50,0%). Hasil uji-t independen didapatkan p = 0,072 untuk IMT dan p = 0,334 untuk persentase massa lemak tubuh.

Simpulan : Tidak ada perbedaan yang signifikan dalam hal status gizi antara wanita akseptor alat kontrasepsi hormonal dan alat kontrasepsi non-hormonal yang berkunjung di Puskesmas Kartasura, baik berdasarkan IMT maupun persentase massa lemak tubuh.

×
Penulis Utama : Ridha Hayu Arsaningtyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0014199
Tahun : 2018
Judul : Perbedaan Status Gizi antara Wanita Akseptor Alat Kontrasepsi Hormonal dan Alat Kontrasepsi Non-hormonal di Puskesmas Kartasura
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Jur. Pendidikan Dokter-G0014199-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Yulia Lanti Retno Dewi, dr., M.Si.
2. Siti Ma’rufah, M. Sc., Apt.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.