Penulis Utama : Elsy Nasiha Alkasina
NIM / NIP : G0014082
×

Abstrak

Pendahuluan: Sirosis hati merupakan penyakit hati kronis yang ditandai dengan fibrosis dan regenerasi nodul yang menyebabkan perubahan fungsi hati. Penyebab tersering adalah karena hepatitis B kronis. Komplikasi tersering dari sirosis hati adalah varises esofagus.  Skor APRI adalah pemeriksaan untuk menentukan ada tidaknya fibrosis parenkim hati yang bersifat non invasif dan murah karena perhitungannya menggunakan enzim AST dan trombosit yang sekaligus dapat digunakan untuk monitoring adanya varises esofagus.

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara skor APRI dengan derajat varises esofagus pada pasien sirosis hati karena hepatitis B.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional retrospektif. Subyek yang digunakan adalah penderita sirosis hati karena hepatitis B yang telah mengalami komplikasi varises esofagus. Proses pengambilan data hanya menggunakan data rekam medis pada populasi sirosis hati bulan September 2016 – September 2017. Teknik pengambilan sampel melalui consecutive sampling dengan sampel minimal 30. Data yang didapat dianalisis menggunakan uji korelasi Gamma dan Somers’d.

Hasil : Hasil analisis menggunakan uji korelasi Gamma dan Somers’d didapatkan hasil p= 0,045 yang mana menunjukkan bahwa skor APRI dengan derajat varises esofagus terdapat korelasi yang bermakna secara statistik antara keduanya, dengan nilai r yang didapat dari uji Gamma= -0,479 yang mana hal tersebut menunjukkan bahwa antara skor APRI dengan derajat varises esofagus terdapat korelasi yang bernilai negatif dan nilai korelasi sedang.

Simpulan : Terdapat hubungan yang bermakna antara skor APRI dengan derajat varises esofagus pada pasien sirosis hati karena hepatitis B dengan hubungan korelasi negatif dan kekuatan korelasi sedang.

Kata Kunci : Hepatitis B, Sirosis Hati, Varises Esofagus, Skor APRI

×
Penulis Utama : Elsy Nasiha Alkasina
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0014082
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Skor APRI dengan Derajat Varises Esofagus Pasien Sirosis Hati karena Hepatitis B
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Jur. Pendidikan Dokter-G0014082-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. TY Permana, dr., Sp.PD-KGEH, FINASIM.
2. Muthmainah, dr., M.NeuroSci.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.