Penulis Utama : Rahmah Nur Laili
NIM / NIP : M0413043
×

Abstrak

Potensi kekayaan ikan hias di Indonesia cukup melimpah. Salah satu ikan hias yang banyak diminati adalah ikan mas komet (Carassius auratus) yang memiliki bentuk tubuh, warna dan corak yang indah, tetapi membutuhkan waktu yang cukup lama untuk pertumbuhannya. Penanggulangan yang dapat dilakukan salah satunya dengan perendaman dalam air garam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perendaman pada pertumbuhan, kelangsungan hidup serta kecerahan warna ikan mas komet.
Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan 4 perlakuan dan 3 kali ulangan. Perendaman ikan mas komet (Carrasius auratus) dilakukan pada air garam dengan konsentrasi 10 ppt selama satu, dua dan tiga kali perendaman dalam 30 hari serta kontrol negatif yaitu tanpa perendaman. Data utama berupa berat, panjang, dan kecerahan warna yang diukur setiap satu minggu sekali dalam 30 hari pemeliharaan. Analisis data pertumbuhan panjang dan berat dilakukan dengan menggunakan uji  One Way  ANOVA dan apabila terdapat beda nyata maka dilanjutkan uji Tukey dengan taraf uji 5% dan data kecerahan warna dianalisis menggunakan uji Friedman Test. Data pendukung seperti kelangsungan hidup ikan dan kualitas air disajikan dalam tabel dan dijelaskan secera deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perendaman mempengaruhi pertumbuhan panjang dan berat ikan, tetapi tidak signifikan. Pertumbuhan panjang dan berat paling tinggi pada perendaman 3x selama 30 hari. Perendaman juga mempengaruhi penurunan kecerahan warna secara signifikan, pemudaran warna tertinggi dan kelangsungan hidup terbanyak terjadi pada perendaman 2x selama 30 hari. Perendaman meningkatkan kelangsungan hidup ikan hingga 93%.

Kata Kunci : Salinitas, Pertumbuhan, Perendaman, Ikan mas komet (Carassius auratus)

×
Penulis Utama : Rahmah Nur Laili
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M0413043
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Frekuansi Perendaman dalam Air Garam terhadap Pertumbuhan Ikan Mas Komet
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. MIPA - 2018
Program Studi : S-1 Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. MIPA Jur. S1 Biologi-M0413043-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Agung Budiharjo, M.Si.
2. Dr. Shanti Listyawati, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.