Penulis Utama : Irwadi Nur Hidayat
NIM / NIP : C0513021
×

ABSTRAK

IRWADI NUR HIDAYAT. C.0513021. 2017. Al-Habib Utsman bin Abdullah bin Aqil bin Yahya Al-Alawi: Pemikiran dan Gerakan Pembaruan Islam di Batavia Tahun 1862-1914. Skripsi: Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian sejarah yang berusaha mendeskripsikan serta menganalisa tentang pemikiran dan gerakan pembaruan Islam Habib Utsman bin Abdullah bin Aqil bin Yahya al-Alawi di Batavia tahun 1862-1914. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana kondisi sosial-keagamaan masyarakat Islam di Betawi pada paruh kedua abad XIX, (2) Bagaimana pemikiran keagamaan dan gerakan pembaruan Islam yang dipelopori Habib Utsman bin Abdullah di Batavia tahun 1862-1914, (3) Bagaimana pengaruh pemikiran pembaruan Islam Habib Utsman bin Abdullah terhadap kehidupan masyarakat Islam di Batavia tahun 1862-1914.
Untuk mengkaji penelitian tersebut digunakan metode sejarah, yaitu Heuristik (pengumpulan sumber), Kritik Sumber (Kritik Intern dan Kritik Ekstern), Interpretasi dan Historiografi. Sumber penelitian dikumpulkan melalui studi dokumen / arsip, studi pustaka. Sumber primer yang digunakan antara lain, manuskrip dan kitab-kitab klasik didapat dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) yaitu berupa;  kitab Sifat Dua Puluh, Annasihatu l-aniqah li l-mutalabbisin bi-thariqoh, al-Wathiqah al-Wafiyyah fi 'Uluwwi Sha'n Tariqat al-Sufiyyah, dan berkas-berkas lainnya. Adapun sumber sekunder digunakan antara lain: buku-buku referensi, artikel, serta penelitian terdahulu yang berkaitan dengan tema penelitian.
Berdasarkan hasil pembahasan, disimpulkan bahwa pemikiran dan gerakan pembaruan Islam Habib Utsman di Batavia tahun 1862-1914 dapat dilihat dari biografi dan pemikiran. Arah sudut biografi yakni pemahaman akan sejarah hidup Habib Utsman, baik menyangkut kondisi masyarakatnya, perjalanan intelektual, karya tulis dan posisinya sebagai ulama / mufti  berpengaruh terhadap pengajaran Islam di Batavia. Pemikiran Habib Utsman yakni pemahaman dari aspek tauhid / aqidah, fiqih dan tasawuf menjadi pola dakwah dan pengajaran agama yang dilakukan Habib Utsman. Upaya penyebaran pembaruan Islam Habib Utsman di Batavia dengan dakwah bil kitab dan dakwah bil lisan melalui pengajian di masjid, langgar, majelis taklim. Melalui kedua model dakwah tersebut Habib Utsman mentransmisikan wacana dan praktik keagamaan yang diterima di Timur Tengah kepada masyarakat Betawi. Gerakan pembaruan Islam Habib Utsman yakni pemurnian ajaran Islam khususnya mengenai kritik praktik bid'ah dan tarekat yang tidak sesuai syariat pada abad XIX yang ditujukan sebagai upaya mengembalikan praktik-praktik ibadah sesuai ajaran Islam. Kontribusi Habib Utsman di bidang dakwah dibuktikan dari serangkaian karya tulis dan pemikirannya. Gerakan pembaruan Islam Habib Utsman merupakan proses dari Islamisasi di Batavia.

Kata kunci: Pemikiran, Pembaruan Islam, Batavia

 

×
Penulis Utama : Irwadi Nur Hidayat
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0513021
Tahun : 2017
Judul : Al-habib Utsman bin Abdullah bin Aqil bin Yahya al-alawi: Pemikiran dan Gerakan Pembaruan Islam di Batavia Tahun 1862-1914
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-Ilmu Budaya-Ilmu Sejarah-C. 0513021-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. 4. Drs. Supariadi, M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.