Penulis Utama : Triana Yulianti Sucipto
NIM / NIP : D0212100
×

ABSTRAK

TRIANA YULIANTI SUCIPTO, D 0212100, RADIO SWASTA DAN PELESTARIAN SENI BUDAYA DAERAH (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Peran Radio 92.5 Swara Slenk FM Dalam Pelestarian Seni Karawitan   di   Surakarta),   Skripsi,   Program   Studi   Ilmu   Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta,
2017, 100 halaman.
Semakin berkembangnya zaman, teknologi radio siaran semakin tertinggal
oleh  penemuan-penemuan  baru,  seperti  misalnya  televisi.  Namun  meskipun begitu, tidak lantas membuat radio ditinggalkan oleh pendengarnya. Penemuan- penemuan baru seperti internet juga menciptakan tren baru di dunia penyiaran radio. Sebagai media massa, radio siaran memiliki fungsi sebagai penyalur nilai- nilai budaya dari satu generasi, ke generasi selanjutnya. Radio Swara Slenk FM didirikan oleh seorang dalang bernama Ki Warseno Slenk, memiliki visi dan misi untuk melestarikan kesenian daerah, khususnya kesenian lokal Jawa.
Menurut Djuarsa Sendjaja dkk. (Morissan, 2009), secara umum studi komunikasi massa membahas dua hal pokok, yakni: (1) studi komunikasi massa yang melihat peran media massa terhadap masyarakat luas beserta institusi- institusinya; dan (2) studi komunikasi massa yang melihat hubungan antara media dengan audiennya, baik secara kelompok maupun individual. Penelitian ini bertujuan   untuk   mendeskripsikan   peran   Radio   Swara   Slenk   FM   dalam melestarikan kesenian karawitan.
Berdasarkan temuan penelitian, diketahui bahwa Radio Swara Slenk FM menyusun program  acara sesuai dengan  visi  dan misinya,  yakni  melestarikan kesenian Jawa. Salah satu kesenian Jawa yang mendapatkan porsi yang besar dalam program acara di Radio Swara Slenk FM adalah kesenian karawitan. Terdapat 5 program acara yang menyajikan kesenian karawitan sebagai hiburan utamanya. Selain itu, Radio Swara Slenk FM juga bekerja sama dengan beberapa pihak seperti Kraton Surakarta, Isi Surakarta, dan pihak-pihak lain yang berkompeten di bidang kesenian Karawitan. Bentuk kerja sama berupa penyelenggaraan kegiatan lomba Macapat, pengisi acara siaran, dan lain sebagainya.
Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah, Radio Swara Slenk FM mampu menjalankan perannya sebagai media massa dalam melestarikan kesenian karawitan di Surakarta. Peran itu nampak dalam hal pembuatan program acara musik karawitan yang mampu menghibur dan mengedukasi masyarakat. Selain itu juga diadakan lomba macapat tingkat sekolah dasar se-Karisidenan Surakarta, untuk juga mengenalkan kesenian karawitan kepada anak-anak sejak dini. Dalam kesempatan-kesempatan   tertentu,   Radio   Swara   Slenk   FM   juga   mengajak pendengar untuk berpartisipasi secara langsung dalam program acara musik karawitan, sehingga dapat merangsang kepedulian masyarakat untuk ikut melestarikan  kesenian  karawitan  dan  mengenalkan  kesenian  karawitan  secara lebih luas.

 

×
Penulis Utama : Triana Yulianti Sucipto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0212100
Tahun : 2017
Judul : Radio Swasta Dan Pelestarian Seni Budaya Daerah (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Peran Radio 92.5 Swara Slenk FM Dalam Pelestarian Seni Karawitan di Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP-Ilmu Komunikasi-D 0212100-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Hj. Sofiah, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.