Penulis Utama : Anggita Elfa Puspaningtyas
NIM / NIP : D0313007
×

ABSTRAK

 

Anggita Elfa Puspaningtyas. D0313007. 2017. “Partisipasi Masyarakat dalam Tradisi Bersih Desa (Studi Kasus Partisipasi Masyarakat dalam Bersih Desa Tanjungsari di Dukuh Dlimas, Desa Dlimas, Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten)”. Skripsi. Program Studi Sosiologi. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa tradisi yang masih bertahan dan dilestarikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan masyarakat mempertahankan bersih desa Tanjungsari, bentuk partisipasi, hambatan dan solusi dalam bersih desa Tanjungsari. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Tindakan Sosial dari Max Webber. Dalam penelitian ini partisipasi masyarakat Dukuh Dlimas merupakan tindakan sosial berdasarkan dasar tindakan untuk  mengikuti  bersih  desa  Tanjungsari.   Metode  yang  digunakan  dalam penelitian   ini   adalah   deskriptif   dengan   pendekatan   studi   kasus.   Teknik pengambilan  sampel  menggunakan  purposive  sampling.  Teknik  pengumpulan data  yang  digunakan  yaitu  wawancara,  telaah  dokumentasi  dan  observasi langsung. Validitas data yang digunakan yaitu triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan model analisis interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa alasan masyarakat Dukuh Dlimas mempertahankan tradisi bersih desa Tanjungsari karena terdapat kepercayaan kepada Nyi Roro Tanjung sebagai tokoh magis Dukuh Dlimas, melestarikan budaya, menghormati leluhur serta wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Bentuk partisipasi yang diberikan yaitu secara materi, fisik dan emosional dalam tahap perencanaan, tahap pelaksanaan hingga tahap pemanfaatan hasil. Hambatan dalam bersih desa ini yaitu adanya perbedaan aliran agama, modernisasi, ketidakkompakkan panitia, dan keterbatasan biaya. Sedangkan solusi dari masyarakat  yaitu  memberikan  sosialisasi  pelestarian  budaya  dan  pengarahan bersih desa, musyawarah dalam forum dan mengadakan simpan pinjam.

 

Kata kunci: Partisipasi, Masyarakat, Bersih desa

 

×
Penulis Utama : Anggita Elfa Puspaningtyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0313007
Tahun : 2017
Judul : Partisipasi Masyarakat Dalam Tradisi Bersih Desa (Studi Kasus Partisipasi Masyarakat dalam Bersih Desa Tanjungsari di Dukuh Dlimas, Desa Dlimas, Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2017
Program Studi : S-1 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP-Sosiologi-D0313007-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. TA Gutama, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.