Penulis Utama : Rifky Rian Saputra
NIM / NIP : D0112080
×

Penelitian ini berkaitan tentang pengembangan strategi perubahan terkait pengembangan organisasi yang dilakukan oleh BAZNAS Karanganyar yang bertujuan untuk mengoptimalkan peran Unit Pengumpul Zakat(UPZ) Masjid dalam mengelola dana Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS). Dalam pengelolaan dana ZIS di Karanganyar, UPZ Masjid diharapkan mampu ikut berperan dalam menggali potensi zakat yang ada di masyarakat. Dalam pengembangan strategi perubahan tersebut peneliti menggunakan tahapan pengembangan organisasi menurut Cummings dan Worley, yang mana untuk mencapai perencanaan perubahan harus melalui dua tahap yaitu tahap pengumpulan dan kesepakatan perubahan, serta analisis permasalahan. Penelitian dibatasi pada tahap perencanaan perubahan karena untuk mencapai tahapan selanjutnya yaitu intervensi dibutuhkan persetujuan dari pihak yang terkait dan membutuhkan waktu yang lama. Mengingat keterbatasan waktu dan tenaga peneliti, maka peneliti membatasi sampai pada strategi pengembangan perubahan. Harapannya dari penelitian ini dapat memberi sumbangan pemikiran kepada pihak BAZNAS dalam upaya mengoptimalkan peran UPZ masjid.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah action research. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk penarikan sampel, peneliti menggunakan purposive sampling. Serta validitas data dilakukan menggunakan triangulasi data atau sumber. Kemudian untuk menganalisis data yang diperoleh, peneliti menggunakan model analisis data Miles dan Huberman
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa kurang optimalnya peran UPZ Masjid dalam mengelola zakat disebabkan karena : (i) UPZ Masjid belum mengerti tentang pengelolaan zakat. (ii) Kesadaran masyarakat yang masih rendah. (iii)Pengelolaan dana zakat belum maksimal. (iv)Kurang koordinasi antara UPZ Masjid dengan BAZNAS. (v)Pengetahuan dan cara pandang masyarakat terkait zakat masih kurang. (vi) Pengawasan dan pembinaan terhadap UPZ Masjid kurang. Adapun untuk mengatasi permasalahan yang terjadi, peneliti telah memberikan alternatif strategi perubahan yang dapat memberikan sumbangan pemikiran kepada pihak BAZNAS. Pengembangan strategi perubahan tersebut antara lain: (i) Memperbaiki koordinasi antara UPZ Masjid dengan BAZNAS. (ii) Mengubah cara pandang dan perilaku masyarakat mengenai zakat. (iii) Resrukturisasi organisasi UPZ Masjid. (iv) Meningkatkan Kapasitas Pengurus UPZ.

 

×
Penulis Utama : Rifky Rian Saputra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0112080
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan Organisasi Unit Pengumpul Zakat Masjid Badan Amil Zakat Nasional Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP-Prodi Ilmu Administrasi Negara-D0112080-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Faizatul Ansoriyah, S.Sos., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.