Penulis Utama : Arina Hidayati
NIM / NIP : S991508004
×

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan profil kurikulum pendidikan kewirausahaan yang digunakan perguruan tinggi Universitas Sebelas Maret Surakarta; (2) mendeskripsikan program-program yang dilaksanakan Universitas Sebelas Maret Surakarta sebagai upaya pembentukan karakter mahasiswa; (3) mendeskripsikan desain kurikulum pendidikan kewirausahaan di Universitas Sebelas Maret Surakarta yang mampu membentuk karakter mahasiswa.

Bentuk  penelitian  ini  adalah  penelitian  kualitatif,  dengan  strategi  penelitian  studi kasus tunggal. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara (indepth interview), observasi  (pengamat penuh dan  partisipan),  dan kajian  dokumentasi.  Validitas data  yang diperoleh dalam penelitian ini menggunakan model triangulasi sumber, teknik dan waktu. Teknik analisis data selama di  lapangan  yang digunakan  peneliti  adalah analisis domain Spradley.   Analisis   domain   dimulai   dengan   mengidentifikasi   beberapa   domain   yang ditemukan selama penelitian, kemudian masing-masing domain ditarik hubungan semantik untuk menjawab rumusan masalah.

Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa: (1)  kurikulum  pendidikan  kewirausahaan di UNS Surakarta masih mengadopsi dan memodifikasi model kurikulum dikti. Namun hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum yang digunakan UNS Surakarta sejauh ini belum optimal dalam membentuk karakter mahasiswa. (2) program pendidikan karakter di UNS Surakarta diajarkan dengan dua strategi. Strategi pertama adalah pendidikan karakter yang dikelola oleh bagian Pembinaan Mahasiswa dan Alumni. Strategi kedua adalah pendidikan karakter yang diintegrasikan dalam mata kuliah. (3) berdasarkan hasil evaluasi kurikulum pendidikan kewirausahaan dan program pendidikan karakter di UNS Surakarta, peneliti menawarkan desain pendidikan kewirausahaan untuk membentuk karakter mahasiswa yang disesuaikan dengan prinsip-prinsip pendidikan karakter

 

×
Penulis Utama : Arina Hidayati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S991508004
Tahun : 2017
Judul : Profil Kurikulum Pendidikan Kewirausahaan Di Perguruan Tinggi Untuk Membentuk Karakter Mahasiswa (Studi Kasus Pada Universitas Sebelas Maret Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Ekonomi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi Magister Pendidikan Ekonomi-S991508004-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Siswandari, M.Stats
2. Dr. Wiedy Murtini, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.