Penulis Utama : Cicilia Clara Devi Anggraini
NIM / NIP : S031508002
×

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan dan menjelaskan kebutuhan bahan   ajar   cerita   dongeng   berwawasan   nilai-nilai   pendidikan   karakter   untuk meningkatkan keterampilan membaca intensif siswa kelas III Sekolah Dasar; (2) mendeskripsikan dan menjelaskan draft awal (prototype) bahan ajar cerita dongeng; (3) mendeskripsikan dan menjelaskan pengembangan prototype bahan ajar menjadi bahan ajar cerita dongeng berwawasan nilai-nilai pendidikan karakter untuk meningkatkan keterampilan membaca intensif; (4) menguji keefektifan bahan ajar cerita dongeng berwawasan nilai-nilai pendidikan karakter untuk meningkatkan keterampilan membaca intensif pada siswa kelas III di Sekolah Dasar.
Penelitian pengembangan bahan ajar cerita dongeng ini menggunakan prosedur Borg and Gall yang dimodifikasi yang terdiri dari 3 tahap yaitu: 1) studi pendahuluan, 2) studi pengembangan, dan 3) tahap uji keefektifan. Analisis data yang digunakan selama pengembangan adalah analisis deskriptif, analisis kelayakan bahan ajar berdasarkan skor kriteria,   analisis  respon  guru  serta  siswa   terhadap   bahan  ajar,   dan   analisis  tes keterampilan membaca intensif cerita dongeng melaui t-test.
Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa: (1) guru dan siswa membutuhkan bahan ajar yang dapat memotivasi; sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa selaku pengguna bahan ajar; lengkap, berwawasan nilai-nilai pendidikan karakter dan mudah dipahami; (2)
Bahan ajar cerita dongeng berwawasan  nilai-nilai pendidikan  karakter dikembangkan berdasarkan  kebutuhan  bahan  ajar  guru  dan  siswa  selaku  pengguna  bahan  ajar, kurikulum,   nilai-nilai   pendidikan   karakter   siswa,   dengan   memperhatikan   kriteria kelayakan bahan ajar dan kriteria bahan ajar yang baik. Penyusunan bahan ajar cerita dongeng dalam penelitian ini dilakukan dengan langkah: menganalisis kebutuhan bahan ajar; menganalisis kurikulum terkait SK dan KD keterampilan mmbaca intensif cerita dongeng; membuat peta kompetensi yang harus dikuasai peserta didik; pengumpulan materi; menentukan nilai-nilai pendidikan karakter yang akan diintegrasikan dalam bahan ajar; merancang desain; membuat petunjuk belajar; membuat tugas-tugas dan penilaian. Prototype yang telah disusun selanjutnya didiskusikan dengan pengguna bahan ajar untuk mengetahui tanggapan dan masukan yang bermanfaat untuk menyempurnakan prototype; (3) bahan ajar cerita dongeng berwawasan nilai-nilai pendidikan karakter memenuhi kriteria kelayakan bahan ajar melalui expert’s judgment dan uji coba ditinjau dari kelayakan isi, kelayakan bahasa, kelayakan penyajian dan kelayakan grafika; (4) bahan ajar cerita dongeng berwawasan nilai-nilai pendidikan karakter efektif meningkatkan keterampilan membaca intensif siswa kelas III Sekolah Dasar di Kabupaten Grobogan berdasarkan uji independet sample t-test. nilai postes kelompok eksperimen yang pembelajarannya menggunakan bahan ajar cerita dongeng berwawasan nilai-nilai pendidikan karakter dan nilai postes kelompok kontrol yang pembelajarannya menggunakan bahan ajar lama mendapatkan signifikansi sebesar 0,034 < 0>Kata kunci: bahan ajar; keterampilan membaca intensif cerita dongeng; nilai-nilai pendidikan karakter, R & D; sekolah dasar.

 

Cicilia Clara Devi Anggraini. S031508002. 2018. A Study on The Development of Teaching Materials Based on Character Education Values : Improving Intensive Reading  Skills  of  Primary  3rd  Student.  THESIS.  Supervisor  I:  Prof.  Dr.  Retno Winarni, M. Pd., Supervisor II: Dr. Tri Murwaningsih, M. Si. Master Program Faculty of Elementary School, University of Sebelas Maret Surakarta.

 

×
Penulis Utama : Cicilia Clara Devi Anggraini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S031508002
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan Bahan Ajar Cerita Dongeng Berwawasan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Intensif Siswa Kelas III Sekolah Dasar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi Magiste PGSD-S031508002-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Retno Winarni, M. Pd
2. Dr. Tri Murwaningsih, M. Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.