Penulis Utama : Dedy Fransiskha Hendrawan
NIM / NIP : S441108005
×

Naskah tradisional Jawa yang berbentuk serat umumnya dan cerita wayang khususnya perlu sentuhan pemikiran akademisi, dikarenakan naskah klasik atau serat mengandung rekaman nilai budaya yang patut digali, dikenal dan dipahami kembali sebagai sumbangsih bagi dunia pendidikan. Maka, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui struktur cerita wayang Episode Endhang Pregiwa dan Endhang Pregiwati dalam naskah SPPP, mengungkap eksistensi tokoh wanita dalam cerita wayang melalui kajian feminisme, menemukan nilai-nilai pendidikan moral dalam cerita wayang tersebut dan merelevansikannya dengan pembelajaran bahasa dan sastra Jawa.
Bentuk penelitian ini menggunakan kajian feminisme berparadigma penelitian kualitatif. Data dan sumber data pada penelitian ini, adalah suntingan teks naskah Episode Endhang Pregiwa dan Endhang Pregiwati dalam Serat Purwa Pregiwa Pregiwati Pupuh IX–Pupuh XVII, para informan atau narasumber, silabus dan kegiatan pembelajaran inovatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: analisis dokumen, wawancara, dan observasi atau pengamatan. Validitas data menggunakan trianggulasi sumber data dan trianggulasi metode. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut: 1). Struktur cerita wayang Episode Endhang Pregiwa dan Endhang Pregiwati dalam Serat Purwa Pregiwa Pregiwati yang terangkat dari hasil penelitian ini ada 4 (empat) unsur, yaitu: tema, tokoh dan penokohan, alur atau plot, dan latar atau setting.; 2). Eksistensi tokoh wanita cerita wayang Episode Endhang Pregiwa dan Endhang Pregiwati dalam Serat Purwa Pregiwa Pregiwati melalui kajian feminisme diketemukan berupa: 1). Suatu Cerita sebagai Perwujudan Usaha untuk Mengaktualisasikan Diri; dan 2). Suatu Cerita sebagai Perwujudan Perjuangan Mengangkat Harkat Hidup, sehingga dikategorikan kritik sastra feminis liberal; 3). Nilai pendidikan moral diungkapkan dalam penelitian ini, berupa: sikap pasrah, sabar dan narima, ajaran untuk berusaha keras atau tekun dan ajaran berbakti kepada orang tua; 3). Relevansi cerita wayang Episode Endhang Pregiwa dan Endhang Pregiwati terhadap pembelajaran bahasa dan sastra Jawa dalam penelitian ini berupa perencanaan dan implementasi praktis inovasi pembelajaran.

 

×
Penulis Utama : Dedy Fransiskha Hendrawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S441108005
Tahun : 2017
Judul : Episode Endhang Pregiwa Dan Endhang Pregiwati Dalam Serat Purwa Pregiwa Pregiwati (Sebuah Kajian Kritik Sastra Feminis, Nilai Pendidikan Moral dan Relevansinya dengan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Jawa)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa-S441108005-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd
2. Prof. Dr. Andayani, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.