Penulis Utama : Anggit Triadiana
NIM / NIP : G0014033
×

Abstrak

Latar Belakang: Masa remaja akhir sangat erat kaitannya dengan penyakit akne vulgaris. Akne vulgaris dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah kosmetik. Bedak tabur dan bedak padat digolongkan sebagai kosmetik. Bedak padat dan bedak tabur mempunyai perbedaan kandungan yaitu squalane atau oil yang terdapat di bedak padat. Squalane merupakan agen oklusi yang dapat menyebabkan penutupan pori folikel rambut dan duktus sebasea, hal itu memicu terjadinya akne vulgaris.  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan efek  pemakaian bedak padat dan bedak tabur dalam peningkatan lesi akne pada akne vulgaris.

Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi-eksperimental dengan pendekatan studi non- randomized control group pretest-posttest design. Pengambilan sampel dengan metode consecutive sampling. Pengambilan sampel dilakukan di bulan September-Oktober tahun 2017, sampel penelitian ini adalah 32 mahasiswi Fakultas Kedokteran UNS yang memenuhi kriteria inklusi, kemudian dibagi ke dalam kelompok bedak padat dan bedak tabur. Sampel menggunakan bedak padat atau bedak tabur sehari 3 kali pengaplikasian dan menggunakan facial wash 2 kali sehari selama 30 hari. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner identitas pribadi mahasiswi,dan kamera mirror less 20,8. Penghitungan lesi akne dengan metode foto wajah sampel di minggu ke 0, 1, 2, 3, dan 4. Uji normalitas data menggunakan uji Shapiro-Wilk. Analisis statistik menggunakan uji t-independen, t-dependen dan one-way ANOVA pada SPSS 20 for Windows.

Hasil Penelitian: Bedak padat secara bermakna dapat meningkatkan jumlah lesi akne pada akne vulgaris (p=0,010). Bedak tabur tidak secara bermakna meningkatkan lesi akne (p=0,129). Jumlah rerata lesi akne pada kelompok bedak padat lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok bedak tabur (p= 0,042). Peningkatan bermakna jumlah lesi akne hanya ditemukan di kelompok bedak padat dan dimulai di minggu ke-2 (p=0,002).
Simpulan: Terdapat peningkatan jumlah lesi akne yang bermakna akibat pemakaian bedak padat. Bedak padat meningkatkan jumlah lesi akne lebih tinggi dibandingkan dengan bedak tabur.

Kata Kunci : Akne vulgaris, Kosmetik, Lesi akne, Bedak padat, Bedak tabur

×
Penulis Utama : Anggit Triadiana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0014033
Tahun : 2017
Judul : Perbandingan Efek Pemakaian Bedak Padat dan Bedak Tabur dalam Peningkatan Lesi Akne pada Akne Vulgaris
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Jur. S1 Pendidikan Dokter-G0014033-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Endra Yustin E.S., dr., MSc., Sp.KK.
2. Arie Kusumawardani, dr., Sp.KK.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.