Penulis Utama : Agustina Nur Rohmah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M3514003
Tahun : 2017
Judul : Identifikasi DRPs Ketidaktepatan Pemilihan Obat dan Dosis Penggunaan Antibiotik dalam Pengobatan Diare Akut Spesifik Anak di Rsud Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. MIPA - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. MIPA-Jur. Farmasi-M3514003-2017
Subyek : DRUG RELATED PROBLEMS (DRPS)
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Diare akut adalah diare yang gejalanya pendek dan berlangsung kurang dari 14 hari. Pada diare akut karena infeksi, antibiotik merupakan pilihan terapi utama. Ketidaktepatan pemilihan antibiotik dan ketidaktepatan dosis merupakan contoh DRPs yang masih terjadi pada pengobatan diare akut spesifik. Hal tersebut berpotensi menyebabkan timbulnya resistensi dan toksisitas sehingga perlu adanya identifikasi DRPs. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase kejadian DRPs pada kategori ketidaktepatan pemilihan antibiotik, dosis berlebih, dan subdosis pada penggunaan antibiotik dalam pengobatan diare akut spesifik pada anak di instalasi rawat inap RSUD Sukoharjo tahun 2016.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian non eksperimental dengan pengambilan data secara retrospektif yang dianalisis secara deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Pada penelitian ini diperoleh 20 pasien yang memenuhi kriteria inklusi dari 124 pasien anak yang terdiagnosis diare akut. Data yang diperoleh dibandingkan dengan standar penatalaksanaan diare akut menurut WGO 2013 dan Pediatric Medication Handbook 2016.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada identifikasi DRPs yang dilakukan, ditemukan 26 kasus DRPs, yaitu ketidaktepatan pemilihan antibiotik sebanyak 61,5%, dosis berlebih sebanyak 23,1?n subdosis sebanyak 15,4%.

Kata kunci  : Drug Related Problems (DRPs), diare akut, anak, antibiotic

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Depan.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Wisnu Kundarto, S.Farm, Apt.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA