Penulis Utama : Amanahika Hulama
NIM / NIP : D1414003
×

ABSTRAK

Televisi adalah salah satu media massa yang paling banyak digunakan dan menjadi favorit karena melalui audiovisual, masyarakat lebih mudah menerima informasi. Dan tanpa disadari, televisi memiliki peranan dan berpengaruh besar bagi kehidupan masyarakat. Saat ini banyak sekali stasiun televisi yang bermunculan dan berlomba-lomba menyajikan beragam program untuk memberikan hiburan dan informasi bagi pemirsanya. TRANS|7 merupakan salah satu stasiun televisi yang konsisten menyajikan program-program yang tidak hanya memberi hiburan tetapi juga memberi informasi yang edukatif. Salah satu yang menjadi program unggulan adalah program magazine shownya. Penulis diberikan kesempatan untuk bisa mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Media (KKM) atau magang selama dua bulan di dua program magazine show TRANS|7 yaitu Etalase dan Kain Ihram. Selama dua bulan, penulis mendapatkan banyak ilmu dan pengetahuan tentang proses produksi sebuah magazine show, dari mulai pra produksi sampai pasca produksi.
Program magazine show adalah salah satu jenis program yang cukup diminati penonton karena pembawaan nya yang ringan dan santai namun tetap memberi informasi. Program televisi sendiri dikelompokkan menjadi dua, yaitu program informasi dan program hiburan. Program informasi juga dibagi lagi menjadi dua kelompok, yaitu soft news dan hard news. Sedangkan program hiburan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu program drama dan non drama. Dalam pembuatan sebuah program acara televisi, perencanaan yang matang sangat dibutuhkan. Tahapan produksi suatu program meliputi : pra produksi (menentukan ide, perencanaan, dan persiapan), produksi (proses pengambilan gambar atau shooting), dan pasca produksi (editing off line, editing on line, dan mixing). Dalam ketiga tahapan ini setiap crew memiliki tugas dan peranan nya masing-masing.
Selama mengikuti kegiatan magang, penulis ditempatkan di bagian Production Assistant (PA) yang dalam setiap tahapan proses produksi memegang peranan cukup penting. Beberapa kendala dialami penulis selama magang. Kendala yang sering terjadi adalah tentang komunikasi yang terjalin kurang baik antara satu crew dengan crew lain. Kendala lainnya yaitu masalah kurang efisiensi nya waktu sehingga terkadang pekerjaan menjadi terhambat. Tetapi di setiap kendala, penulis berusaha mencari solusi untuk menyelesaikan nya agar proses produksi tetap berjalan lancar. Dengan mengikuti kegiatan magang di program magazine show Etalase dan Kain Ihram, penulis menjadi mengerti alur produksi sebuah program dengan jelas dan diharapkan penulis bisa menerapkan ilmu yang sebelumnya didapat selama masa perkuliahan.

kata kunci : program, televisi, produksi, magazine show

 

×
Penulis Utama : Amanahika Hulama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1414003
Tahun : 2017
Judul : Proses Produksi Program Magazine Show ‘Etalase’ dan ‘Kain Ihram’ di TRANS|7
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Program Studi : D-3 Penyiaran
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP- Jur. Penyiaran -D1414003-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Joko Suranto S.Sn, M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.