Penulis Utama : Andri Asrul Setiyawan
NIM / NIP : K4613017
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar passing atas dan bawah bolavoli melalui Penggunaan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas VIII ASMP Muhammadiyah 10 Andong Program Khusus Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII ASMP Muhammadiyah 10 Andong Program Khususyang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 12 siswa putra dan 8 siswa putri. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru, siswa dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dokumentasi atau arsip berupa foto. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dan teknik persentase. Prosedur penelitian berupa siklus pembelajaran yang saling berkaitan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwadenganmedia Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajarpassing bolavoli siswa dari pratindakan ke siklus I dan siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran pada pratindakan tidak menggunakanmedia Audio Visual untuk membantu siswa dalam mempelajari gerakan passing bolavoli sehingga keterampilan passingbolavoli siswa masih rendah dan hasil belajar passingbolavoli siswa kurang maksimal. Hasil analisis diperoleh peningkatan yang signifikan dari pratindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, siswa yang tuntas mencapai 65.00%, sedangkan pada siklus II mencapai 85.00%.
Simpulan penelitian ini adalahbahwa penggunaan media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar passing atas bolavoli siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 10 Andong Program Khusus 2016/2017.

 

×
Penulis Utama : Andri Asrul Setiyawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4613017
Tahun : 2017
Judul : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bolavoli Melalui Penggunaan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 10 Andong Program Khusus Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, Dan Rekreasi-K4613017-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Waluyo, S.Pd., M.Or
2. Tri Winarti Rahayu, S.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.