Penulis Utama : Aprilia Winda Artanti
NIM / NIP : D0213012
×

ABSTRAK

Saat ini komunikasi dan informasi sudah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat. Dengan di dukung adanya internet yang mampu menembus dimensi ruang dan waktu serta kecepatan akses yang cukup cepat semakin memudahkan masyarakat dalam mencari dan mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Akan tetapi dibalik semua kemudahan tersebut terdapat suatu ancaman berupa informasi bohong atau hoax. Maraknya berita palsu alias hoax yang beredar di internet belakangan ini berpotensi menyesatkan banyak orang. Dari sinilah muncul gagasan untuk memanfaatkan media sosial Facebook sebagai media untuk membentuk sebuah gerakan melawan penyebaran hoax. Kemudian dibentuklah Forum Anti Fitnah, Hasut, dan Hoax yang berupa grup Facebook berbasis crowdsourcing yang dirancang untuk mengumpulkan berbagai informasi fitnah dan hoax yang beredar di internet.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktifitas yang dilakukan para anggota Grup Facebook Forum Anti Fitnah, Hasut, dan Hoax dalam memerangi berita hoax yang beredar di media sosial khususnya Facebook. Dan bagaimana peran Grup Facebook Forum Anti Fitnah, Hasut, dan Hoax terhadap jumlah penyebaran berita hoax di media sosial khusunya Facebook. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Data primer diperoleh berasal dari wawancara. Sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumentasi berupa postingan yang ada di dalam Grup Facebook Forum Anti Fitnah, Hasut, dan Hoax. Hasil temuan menunjukkan bahwa para anggota grup melakukan berbagai aktifitas sebagai bentuk usaha untuk melawan penyebaran hoax, yaitu dengan melakukan aktifitas moderasi, klarifikasi, komentar (comment), suka (like) dan bagikan (share) untuk lebih menyebarluaskan informasi terkait hoax. Grup Facebook Forum Anti Fitnah, Hasut, dan Hoax ini juga mampu mengurangi jumlah penyebaran berita hoax walaupun sedikit demi sedikit dan belum ada data konkrit mengenai jumlah pengurangan tersebut.

Kata Kunci : Internet, Hoax, Facebook.

 

×
Penulis Utama : Aprilia Winda Artanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0213012
Tahun : 2018
Judul : Gerakan Anti Hoax Di Media Sosial (Studi Kasus Pada Grup Facebook Forum Anti Fitnah, Hasut, Dan Hoax (Fafhh) Dalam Melawan Penyebaran Informasi Hoax)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP, Jurusan Ilmu Komunikasi, D0213012-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. A. Eko Setyanto, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.