Penulis Utama : Arofah Khoirunnisa
NIM / NIP : D0213015
×

ABSTRAK

Kosmetik awalnya digunakan oleh bangsa Mesir untuk menghilangkan bau badan dengan menggunakan minyak wangi. Seiring berkembangnya jaman, kosmetik menjadi barang yang dicari dan digunakan untuk menutupi bagian tubuh yang dirasa kurang bahkan untuk mempercantik diri. Dengan perkembangan internet, informasi mengenai kosmetik menjadi mudah untuk dicari, salah satunya dengan ada review atau ulasan yang memuat berbagai macam detail tentang sebuah produk.
Produk dari Negara Korea menjadi salah satu produk populer yang digemari beberapa tahun terakhir bersamaan dengan boomingnya musik K-pop, drama Korea, variety show, dan lain-lain. Korea menjadi salah satu kiblat kecantikan di Asia karena paras menawan para selebritisnya yang terkenal memiliki wajah putih dan bersih. Penggunaan kosmetik atau skincare Korea juga disukai karena banyaknya varian produk yang diproduksi oleh banyak brand sehingga pilihan untuk merawat wajah juga bervariasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaaan review atau ulasan yang ada di Femaledaily dalam keputusan pembelian dan penggunaan kosmetik Korea oleh para pembaca. Jenis penelitian ini kualitatif dengan menggunakan metode analisis deksriptif. Teknik pengambilan sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Data diperoleh dari hasil wawancara dengan pengguna kosmetik Korea dan pembaca review di Femaledaily.com.
Konsep yang digunakan adalah konsep keputusan pembelian dimana sebelum melakukan kegiatan pembelian sebuah produk konsumen melalui tahapan pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan evaluasi pasca pembelian. Ditemukan review dimanfaatkan oleh pembaca untuk mencari informasi mengenai sebuah produk karena adanya pengalaman dari orang yang sebelumnya sudah menggunakan sebuah produk. Review yang positif menjadi penguat bagi pembaca untuk membeli sebuah produk, sedangkan review yang moderat dan cenderung negatif membuat pembaca mencar informasi yang lebih jauh, tetap mencoba karena rasa penasaran, bahkan tidak akan membeli produk. Mereka masih menggunakan produk lokal dan Korea untuk digunakan dalam keseharian untuk melengkapi satu sama lainnya.
Kata kunci: review atau ulasan, perilaku konsumen, keputusan pembelian, femaledaily.com

 

×
Penulis Utama : Arofah Khoirunnisa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0213015
Tahun : 2018
Judul : Website Dan Keputusan Pembelian (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Pemanfaatan Review Di Femaledaily.Com Dalam Keputusan Pembelian Dan Penggunaan Kosmetik Korea Di Uns Solo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP, Jurusan Ilmu Komunikasi, D0213015-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Monika Sri Yuliarti, S.Sos., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.