Penulis Utama : Asti Wara Ananjani
NIM / NIP : D1114002
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Implementasi Kebijakan Pemberian Penghargaan Terhadap Siswa Berprestasi Diterima Seleksi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Kabupaten Karanganyar. Selain itu penelitian ini juga mengkaji factor-faktor yang mempengaruhi Implementasi Kebijakan Pemberian Penghargaan Terhadap Siswa Berprestasi Diterima Seleksi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Kabupaten Karanganyar.
Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara didukung dengan pengumpulan data telaah dokumen, dan observasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Uji validitas data dilakukan dengan trianggulasi sumber.
Hasil penelitian secara umum dapat diketahui, bahwa implementasi kebijakan pemberian penghargaan terhadap siswa berprestasi diterima seleksi perguruan tinggi negeri sudah berjalan dengan baik. Terdapat tahap sosialisasi dan tahap pelaksanaan dalam implementasi kebijakan pemberian penghargaan terhadap siswa berprestasi diterima seleksi perguruan tinggi negeri di Kabupaten Karanganyar.. Terlihat sudah meratanya sosialisasi yang di lakukan dan pelaksanaannya sudah sesuai alur dan prosesnya seperti yang ada dalam Peraturan Bupati No 35 tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Pemberian Penghargaan Bagi Lulusan SMA/SMK atau sederajat yang Diterima Di Perguruan Tinggi Negeri. Dimana faktor-faktor komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi saling mendukung dan memperkuat sehingga kebijakan pemberian penghargaan berjalan dengan baik.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah impplementasi pemberian penghargaan terhadap siswa berprestasi diterima seleksi Perguruan Tinggi Negeri sudah berjalan dengan baik dari tahap sosialisasi dan tahap pelaksanaan. Dalam pelaksanaan implementasi ini ada kendala yang dihadapi yaitu kurang meratanya sosialisasi yang dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat direkomendasikan hal-hal sebagai berikut: 1) Dinas melakukan  sosialisasi langsung kepada calon penerima, 2) seleksi terhadap calon penerima penghargaan, 3) menggandeng pihak swasta untuk meringankan beban APBD dalam hal penerimaan penghargaan.
Kata Kunci : Penghargaan, Siswa Berprestasi, Implementasi Kebijakan

 

×
Penulis Utama : Asti Wara Ananjani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1114002
Tahun : 2017
Judul : Implementasi Kebijakan Pemberian Penghargaan Terhadap Siswa Berprestasi Diterima Seleksi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Di Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2017
Program Studi : S-1 Administrasi Negara Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP, Jurusan Ilmu Administrasi Negara, D1114002-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.