Penulis Utama : Marlinda Apriyanto
NIM / NIP : K4610057
×

ABSTRAK

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar bermain bolavoli  melalui  penerapan  pendekatan  Teaching  Game  for  Understanding (TGfU) pada siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan  tindakan,  observasi,  dan  refleksi.  Subjek  penelitian  adalah  siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Sukoharjo yang berjumlah 28 Siswa yang terdiri dari 9  siswa  putra  dan  19  siswa  putri.  Sumber  data  berasal  dari  guru,  siswa  dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, angket, dan dokumentasi atau arsip. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase.
Berdasarkan hasil analisia data menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar keterampilan bermain bolavoli dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan hasil belajar keterampilan bolavoli siswa pada Siklus I dari 28 siswa mencapai 64,29 % atau sebanyak 18 siswa sudah masuk kriteria tuntas dan pada Siklus II meningkat mencapai 85,71 % atau sebanyak 24 siswa sedangkan 4 siswa lainnya belum tuntas dengan KKM 75.
Simpulan penelitian ini adalah dengan penerapan pendekatan teaching game for understanding (TGfU) dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan bermain bolavoli   pada siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017.

Kata  Kunci  :  Hasil  Belajar,  Bermain  Bolavoli,  TGfU  (Teaching  Game  for Understanding), Pendekatan pembelajaran.

 

×
Penulis Utama : Marlinda Apriyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4610057
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Pendekatan Teaching Games For Understanding (TGFU) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bermain Bolavoli pada Siswa Kelas X IPS 1 Sma Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016 / 2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Jaskes dan Rekreasi-K4610057-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sunardi, M.Kes.
2. Waluyo, S.Pd, M.Or.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.