Penulis Utama : Seftiana Noorfi Widyaningsih
NIM / NIP : D1414053
×

ABSTRAK

Televisi  sudah  terbukti  menjadi  salah  satu  media  massa  yang  sangat populer di kalangan masyarakat. Waktu prime time merupakan waktu siaran televisi yang paling banyak menarik penonton, yaitu mulai pukul 18.00-22.00 WIB.  Meskipun  rating  menjadi  satu-satunya  tolok  ukur,  tetapi  ada  beberapa stasiun televisi swasta nasional yang tetap mengedepankan kualitas program khususnya di waktu prime time. Salah satunya adalah TRANS|7. Dari latar belakang  tersebut,  kemudian  penulis  merasa  tertarik  untuk  melakukan  Kuliah Kerja  Media  (KKM)  di  stasiun  televisi  TRANS|7,  di  divisi  produksi  dalam program acara “Hitam Putih”.
“Hitam Putih” adalah sebuah program dengan format acara talk show yang lebih berfokus membahas tentang tema dan pemikiran terhadap fenomena yang diangkat  dalam  setiap  episodenya.  Keberhasilan  program  “Hitam  Putih” yang ditayangkan setiap hari Senin-Jum’at pukul 18.00 WIB-19.10 WIB tidak terlepas dari peran Production Assistant (PA). Dalam hal ini, PA ikut bertanggung jawab dalam semua proses produksi, mulai dari pra produksi, produksi hingga paska produksi.
Penulis  melakukan  kegiatan  KKM  mulai  tanggal  17  Februari  2017-17 April 2017. Peran penulis sebagai PA  dalam program “Hitam Putih”   ini, di antaranya adalah ikut serta dalam proses pra produksi yaitu, penyusunan list crew, download materi VT, call crew dan meminjam alat di ruang logistik. Tahap produksi seperti membagikan HT, rundown, memasang prompter, skin tone, blocking, briefing dan menjadi timekeeper. Hingga tahap paska produksi, penulis ikut mengawasi editing taping.
PA dalam program talk show “Hitam Putih” mempunyai tanggung jawab untuk  menjaga  kualitas  tayangan  dari  segi  teknik  seperti,  peralatan  audio, peralatan lighting, bagaimana cara pengambilan gambar yang baik dan lain lain. Selain itu, PA juga berperan sebagai perantara komunikasi antara produser dengan seluruh kru yang membantu proses produksi, sehingga harus mempunyai kemampuan dalam hal manajemen komunikasi yang baik.

Kata kunci: televisi, talk show, hitam putih, production assistant

 

×
Penulis Utama : Seftiana Noorfi Widyaningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1414053
Tahun : 2017
Judul : Peran Production Assistant dalam Mempertahankan Kualitas Tayangan Program “Hitam Putih” di PT. Duta Visual Nusantara Tivi Tujuh (TRANS|7)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Program Studi : D-3 Penyiaran
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP- Jur. Penyiaran -D1414053-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Joko Suranto, S.Sn, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.