Penulis Utama : Elyas Abdulloh
NIM / NIP : D0112027
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana akuntabilitas Perusahaan Daerah Air Minum Kota Surakarta dalam penyediaan air bersih. Penilitian ini menggunakan teori yang dikembangkan oleh Koppel mengenai dimensi akuntabilitas yaitu transparansi, liabilitas, kontrol, responsibilitas, dan responsivitas.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan berdasarkan tujuannya menekankan pada akuntabilitas sebagai suatu proses. Adapun teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, studi dokumentasi dan observasi. Uji validitas data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi data. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data model interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa akuntabilitas Perusahaan daerah Air Minum Kota Surakarta dalam penyediaan air bersih sudah cukup baik hal tersebut ditunjukkan melalui proses transparansi yang sudah baik terkait pelaporan kepada atasan. Liabilitas yang cukup baik berupa penerapan sistem reward dan punishment. Kontrol yang cukup baik berupa pengawasan melekat, rapat koordinasi dan rapat khusus. Responsibilitas yang sudah baik berupa pelaksanaan segala kegiatan dengan mengacu pada peraturan dan sumber hukum yang ada. Responsivitas yang belum begitu baik berupa mewujudkan kepuasan pelanggan sesuai dengan misi PDAM Kota Surakarta dengan melaksanakan perintah dari atasan dalam upaya menindaklanjuti berbagai keluhan yang ada dan dalam pelaksanaannya masih mendapati berbagai kendala teknis yang menyebabkan masih saja ada kekurangan dalam hal pemberian pelayanan terlebih lagi masih adanya tingkat kehilangan air oleh PDAM yang cukup banyak.
Kata Kunci : Akuntabilitas, Pelayanan, Perusahaan Daerah Air Minum

 

×
Penulis Utama : Elyas Abdulloh
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0112027
Tahun : 2017
Judul : Akuntabilitas Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Surakarta Dalam Penyediaan Air Bersih
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP, Jurusan Ilmu Administrasi Negara, D0112027-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ali, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.